Eksplorasi kemampuan pemecahan masalah dan scientific literacy siswa dengan authentic learning berbasis inquiry untuk program STEM pada materi impuls momentum / Endyana Gandari Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi kemampuan pemecahan masalah dan scientific literacy siswa dengan authentic learning berbasis inquiry untuk program STEM pada materi impuls momentum / Endyana Gandari Putri

Putri, Endyana Gandari (2019) Eksplorasi kemampuan pemecahan masalah dan scientific literacy siswa dengan authentic learning berbasis inquiry untuk program STEM pada materi impuls momentum / Endyana Gandari Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Endyana Gandari. 2019. Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Scientific Literacy Siswa dengan Authentic Learning Berbasis Inquiry untuk Program STEM pada Materi Impuls Momentum. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (2) Dr. Ahmad Taufiq M.Si. Kata Kunci kemampuan pemecahan masalah scientific literacy authentic learning bebasis inquiry untuk program STEM Kemampuan pemecahan masalah dan scientific literacy merupakan suatu hal yang fundamental pada pembelajaran sains. Beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan untuk menyelesaikan permasalahan pada materi impuls momentum. Pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan scientific literacy untuk mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan adalah Authentic learning berbasis inquiry untuk program STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah dan scientific literacy siswa melalui Authentic learning berbasis inquiry untuk program STEM pada materi impuls momentum. Rancangan penelitian ini adalah mixed method dengan menggunakan desain embedded experimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 7 SMA DU-2 Jombang tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan yang terdiri dari silabus dan RPP serta insrumen pengukuran yang terdiri dari 3 soal esay untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan 5 soal esay untuk mengukur scientific literacy siswa serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data kuantitatif menggunakan uji t berpasangan untuk mengetahui perbedaan skor pretest dan posttest N-Gain untuk mengetahui peningkatan skor siswa dan d-effect size untuk mengetahui seberapa besar efek pembelajaran terhadap kenaikan skor siswa sedangkan analisis data kualitatif dilakukan dengan reduksi data coding interpretasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan skor pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah dan scientific literacy siswa dengan nilai signifikansi pada uji t berpasangan yaitu 0 00 0 05. Kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan dengan nilai gain sebesar 0 498 yang termasuk dalam kategori sedang serta nilai d-effect size sebesar 3 293 yang tergolong kuat. Sebesar 54% siswa mengalami perubahan kemampuan pemecahan masalah dari novice menjadi mendekati expert sedangkan 46% siswa masih berada pada kategori novice hal ini disebabkan karena siswa tidak menyelesaikan permasalahan sesuai dengan langkah pemecahan masalah yang berlaku pada penelitian ini. Scientific literacy siswa mengalami peningkatan dengan nilai gain sebesar 0 401 yang termasuk pada kategori sedang serta nilai d-effect size sebesar 2 68 yang termasuk pada kategori kuat. Sebagian besar siswa masih berada pada kategori illiteracy dan nominal pada saat pretest sedangkan pada posttest tingkat scientific literacy berubah menjadi kategori functional dan conceptual dimana siswa telah mampu menginterpretasikan informasi ilmiah yang didapat untuk menyelesaikan permasalah-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111771

Actions (login required)

View Item View Item