Pengembangan alat permainan saithoro (monopoli Arab) untuk pembelajaran pola kalimat bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Sumberrejo, Bojonegoro / Nabilla Nur Apriliana

Apriliana, Nabilla Nur (2011) Pengembangan alat permainan saithoro (monopoli Arab) untuk pembelajaran pola kalimat bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Sumberrejo, Bojonegoro / Nabilla Nur Apriliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ata kunci: permainan Saithoro, monopoli Arab, pembelajaran pola kalimat bahasa Arab. Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak mudah diserap dan dipahami oleh siswa. Agar materi dapat diserap dan dipahami siswa, guru bisa menggunakan media pembelajaran. Salah satu media untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab untuk pembelajaran pola kalimat bahasa Arab adalah dengan menggunakan alat permainan Saithoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat permainan Saithoro sebagai media pembelajaran pola kalimat bahasa Arab dan mendeskripsikan pengembangan alat permainan Saithoro sebagai media pembelajaran pola kalimat bahasa Arab serta mendeskripsikan penggunaan alat permainan Saithoro untuk pembelajaran pola kalimat bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah I Sumberrejo, Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Pengembangan media Saithoro ini, melalui beberapa tahapan yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) pengembangan produk, (5) uji ahli, (6) uji kelompok kecil dan lapangan, (7) revisi akhir, dan (8) hasil akhir produk pengembangan alat permainan Saithoro untuk pembelajaran pola kalimat bahasa Arab siswa kelas XI MAM I Sumberrejo, Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Pengembangan alat permainan Saithoro ini menghasilkan seperangkat alat permainan Saithoro dan lembaran kertas beserta petunjuk penggunaannya. Alat permainan ini didesain full colour mulai dari lembaran kertas sampai pada kompenen-kompenen lainnya yang meliputi : kartu, dadu, pion serta petunjuk penggunaannya. Pada salah kartu terdapat pertanyaan-pertanyaan yang berisi tentang pola kalimat dan kartu lain berisi tentang kalimat perintah. Hasil uji kevalidan alat permainan Saithoro oleh ahli media sebesar 78,8 % dengan keterangan valid. Data hasil uji kevalidan oleh ahli materi sebesar 75 % dengan keterangan cukup valid. Uji praktisi, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar dilaksanakan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah I Sumberrejo, Bojonegoro. Hasil uji praktisi bahasa Arab sebesar 80 dengan keterangan valid, hasil uji kelompok kecil sebesar 85,6 % dengan keterangan valid dan uji lapangan sebesar 80, 6 % dengan keterangan valid, jadi alat permainan Saithoro dikatakan valid sebagai media pembelajaran pola kalimat bagi siswa MAM I Sumberrejo, Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11177

Actions (login required)

View Item View Item