Sari, Lenny Agustina Suwastika (2019) Analisis penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa melalui model pembelajaran kontekstual-multirepresentasi pada materi gaya dan gerak / Lenny Agustina Suwastika Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Agustina Lenny. 2019. Analisis Model Penguasaan Konsep dan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual-Multirepresentasi pada Materi Hukum Newton . Tesis Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Markus Diantoro M.Si. (2) Dr. Muhardjito M.S. Kata Kunci Penguasaan Konsep Kemampuan Argumentasi Ilmiah Model Pembelajaran Kontekstual Multirepresentasi Hukum Newton Sebagian besar siswa memiliki masalah dalam mengenali konsep gaya karena materi gaya dan gerak terdiri dari konsep-konsep abstrak yang kadang sangat sulit dipelajari oleh siswa. Gaya adalah konsep inti untuk dapat mempelajari hukum Newton. Apabila siswa tidak memahami dan menguasai konsep Hukum Newton tentang gerak maka materi selanjutnya akan sulit dipahami siswa karena konsep Hukum Newton tentang gerak adalah konsep dasar dalam memahami materi fisika sehingga dibutuhkan perencanaan prosedural dan kegiatan yang cocok agar konsep ini dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Peran penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah sangat mempengaruhi pemahaman konseptual yang dimiliki oleh siswa karena dengan penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah yang baik membuat siswa mampu lebih berpikir kritis analitis dan memecahkan permasalahan dalam konsep fisika. Pembelajaran kontekstual-multirepresentasi yang diterapkan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa dikarenakan dalam pembelajaran kontekstual-multirepresentasi siswa diarahkan belajar menggunakan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan percobaan yang berhubungan dengan kehidupan siswa selain itu ditunjang dengan bantuan grafik video gambar dan representasi lainnya. Penelitian di bidang penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah melalui pembelajaran kontekstual-multirepresentasi masih jarang ditemukan. Selama ini penelitian mengenai penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah dilakukan secara terpisah dan belum menjadi satu kesatuan yang saling mempengaruhi. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian gabungan antara penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa melalui pembelajaran kontekstual-multirepresentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa setelah diterapkan pembelajaran kontekstual-multirepresentasi serta menganalisis perubahan nilai dan kategori siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Mixed Metode dengan desain penelitian Embedding Experimental Models. Rancangan penelitian digunakan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah setelah diterapkan pembelajaran kontekstual-multirepresentasi secara kualitatif dan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Kota Batu tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari dua kelas yang homogen. Data penelitian berupa penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa yang diukur menggunakan istrumen tes yaitu soal open ended dan didukung dengan wawancara terbuka. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dengan uji statistik N-Gain untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual-multirepresentasi terhadap penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah analisis tabulasi silang dan analisis kualitatif untuk mengetahui pola perubahan penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran kontekstual-multirepresentasi. Berdasarkan analisis statistik dihasilkan nilai Asymp.sig (2 tailed) sebesar 0.019 0.05 untuk penguasaan konsep dan Asymp.sig (2 Tailed) sebesar 0.008
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/111769 |
Actions (login required)
View Item |