Kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa materi fluida statis pada flipped classroom terintegrasi STEM / Prima Mutiara Meidayanti

Meidayanti, Prima Mutiara (2019) Kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa materi fluida statis pada flipped classroom terintegrasi STEM / Prima Mutiara Meidayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ringkasan Meidayanti, Prima Mutiara. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah dan Efikasi Diri Siswa Materi Fluida Statis Pada Flipped Classroom Terintegrasi STEM. Tesis, Jurusan Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Parno, M,Si., (2)Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si. Kata kunci : flipped classroom, STEM, pemecahan masalah, efikasi diri, fluida statis Keterampilan abad 21 yang harus dimiliki siswa atau sebagai individu dalam menghadapi perkembangan dunia adalah (1) life and career skills, (2) learning and innovation skills, dan (3) Information media and technology skills. Keterampilan tersebut sangat dibutuhkan siswa untuk menghadapi masalah yang lebih kompleks. Selain itu kemampuan berkomunikasi siswa untuk menyampiakan ide dan gagasan juga sangat dibutuhkan dan bisa tumbuh dengan membelajarkan efikasi diri siswa khususnya dalam pembelajaran sains. Keterampilan tersebut bisa ditumbuhkan dan dibelajarkan pada siswa dengan pembelajaran yang aktif dan melibatkan siswa secara langsung. Oleh sebab itu kemampuan pemecahan masalah dan efikasis diri siswa bisa ditumbuhkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan maslah siswa dan efikasi diri siswa dalam pembelajaran sains yang belajar dengan flipped classroom terintegrasi STEM. Penelitian ini menggunakan metode mixed method yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Desain yang digunakan adalah embedded experimental design. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Instrumen tes pemecahan masalah terdiri dari 7 soal esai dengan reliabilitas 0.795 dan angket efikasi diri sejumalah 28 pernyataan. Analisis data yang digunakan adalah Uji T test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perubahan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran flipped classroom terintegrasi STEM dilihat dari perubahan nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil yang diperoleh kemampuan pemecahan masalah siswa bisa dikategorikan meningkat dari sangat rendah menjadi tinggi. Efikasi diri siswa juga mengalami berdampak posotif setiap pertemuan. Skor efikasi diri siswa setiap pertemuan cenderung konstan. Hal ini menunjukan pembelajaran ini memberikan dampak postif untuk mepertahankan efikasi diri siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya menggunakan instrumen yang lebih detail dan spesifik dan lebih berhati-hati sebab menganalisis efikasi diri siswa mebutuhkan ketelitian yang cermat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111766

Actions (login required)

View Item View Item