Pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran project based learning disertai STEM materi suhu dan kalor pada siswa kelas XI SMAN 2 Batu / Sumardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran project based learning disertai STEM materi suhu dan kalor pada siswa kelas XI SMAN 2 Batu / Sumardiana

Sumardiana (2019) Pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran project based learning disertai STEM materi suhu dan kalor pada siswa kelas XI SMAN 2 Batu / Sumardiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sumardiana. 2019. Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Project Based Learning disertai STEM Materi Suhu dan Kalor Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Batu. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Arif Hidayat M.Si. (II) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci pemahaman konsep kemampuan berpikir kritis pembelajaran Project Based Learning disertai STEM. Suhu dan kalor merupakan materi fisika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Materi ini masih sulit dipecahkan oleh siswa. Oleh karena itu diperlukanlah suatu pembelajaran yang dapat membantu siswa menguasai konsep dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis suhu dan kalor. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Project Based Learning disertai STEM materi suhu dan kalor di SMAN 2 Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods desain embedded experimental model. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas XI SMAN 2 Batu. Instrumen penelitian terdiri dari silabus RPP LKS tes pemahaman konsep tes kemampuan berpikir kritis lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan wawancara. Pengumpulan data yang digunakan meliputi test observasi dan wawancara. Teknik analisis data kuantitatif meliputi N-Gain uji t berpasangan dan effect size untuk melihat besar pengaruh pembelajaran. Sementara data kualitatif dianalisis dengan mentranskripsikan hasil wawancara siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemahaman konsep siswa pada materi suhu dan kalor melalui pembelajaran Project Based Learning disertai STEM mengalami peningkatan yang signifikan dengan N-Gain skor rata-rata sebesar 0 70 (kategori kuat) dan nilai effect size sebesar 6 2 (kategori kuat) (2) sebagian besar siswa dapat mengubah konsepsi-konsepsinya yang salah pada saat postest (3) kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor melalui pembelajaran Project Based Learning disertai STEM mengalami peningkatan yang signifikan dengan N-Gain skor rata-rata sebesar 0 6 (kategori sedang) (4) kemampuan berpikir kritis siswa secara umum mengalami perubahan yang positif baik pada tahap penalaran analisis argumen hipotesis keputusan analisis kemungkinan dan ketidakpastian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111763

Actions (login required)

View Item View Item