Pengaruh penerapan scientific approach berbantuan penilaian formatif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa kelas XI pada materi elastisitas / Sabilal Rosyad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan scientific approach berbantuan penilaian formatif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa kelas XI pada materi elastisitas / Sabilal Rosyad

Rosyad, Sabilal (2019) Pengaruh penerapan scientific approach berbantuan penilaian formatif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa kelas XI pada materi elastisitas / Sabilal Rosyad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyad Sabilal. 2018. Pengaruh Penerapan Scientific Approach Berbantuan Penilaian Formatif terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI pada Materi Elastisitas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M. Si. (II) Dr. Sentot Kusairi M. Si. Kata kunci Motivasi Belajar Hasil belajar Scientific Approach Penilaian Formatif Kenyataan menunjukkan bahwa fisika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa masih banyak siswa yang menganggap fisika pelajaran yang banyak hitungan dan rumus. Akibatnya siswa menjadi malas dan kurang tertarik dengan pelajaran fisika. Selain itu tampak bahwa hasil belajar siswa rendah. Model scientific approach berbantuan nilai formatif menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang diharapkan mampu membawa dampak positif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan scientific approach berbantuan penilaian formatif berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang (2) mengetahui pengaruh penerapan scientific approach berbantuan penilaian formatif berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol keseluruhannya berjenis kelamin perempuan. Motivasi belajar diukur dengan menggunakan angket. Hasil belajar diukur dengan menggunakan tes pilihan ganda pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat motivasi belajar dan hasil belajar serta uji gain score. Statistik inferensial menggunakan uji Independent t-test yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh model pembelajaran scientific approach berbantuan penilaian formatif terhadap motivasi belajar Fisika pada siswa kelas XI perempuan pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Terdapat pengaruh model pembelajaran scientific approach berbantuan penilaian formatif terhadap hasil belajar Fisika pada siswa kelas XI pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang Saran yang diberikan adalah sebagai berikut Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa hendaknya guru senantiasa melibatkan siswa secara aktif dengan menempatkan siswa sebagai pelaku utama sedangkan guru sebagai fasilitator dalam menerapkan model pembelajaran scientific approach sehingga siswa membuat siswa lebih bersemangat dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru harus selalu berusaha dan berinovasi untuk menemukan strategi yang tepat dalam proses pembelajaran selain itu guru juga harus dapat memanajemen waktu dengan baik mengingat kegiatan pembelajaran dengan metode ini memerlukan banyak waktu sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yaitu pencapaian hasil belajar yang optimal. Selanjutnya Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dan kajian empiris bagi penelitian selanjutnya mengenai model pembelajaran dan dijadikan pedoman dalam memilih pendekatan pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111762

Actions (login required)

View Item View Item