Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep materi usaha dan energi pada siswa SMA Katolik Sao Pedro di Timor Leste / Luis Varela - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep materi usaha dan energi pada siswa SMA Katolik Sao Pedro di Timor Leste / Luis Varela

Varela, Luis (2019) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep materi usaha dan energi pada siswa SMA Katolik Sao Pedro di Timor Leste / Luis Varela. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Varela Luis. 2019. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pemahaman Konsep Materi Usaha dan Energi pada Siswa SMA Katolik Sao Pedro di Timor Leste. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. Kata kunci PBL pemahaman konsep usaha dan energi Pemahaman konsep merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran. Pemahaman konsep usaha dan energi merupakan kemampuan untuk memahami situasi membangun makna dan menciptakan solusi dari konsep-konsep usaha dan energi yang saling terkait. Sering kali ditemukan kesulitan siswa dalam memahami konsep usaha dan energi. Kesulitan yang dialami siswa dikarenakan siswa terbiasa memecahkan permasalahan secara matematis tanpa memahami konsep sebenarnya. Usaha untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dapat dilakukan melaui berbagai cara salah satunya dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian quasi experiment ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep materi usaha dan energi pada siswa SMA katholik sa pedro di Timor Leste. Penelitian ini menggunakankelas eksperimen yang belajar dengan pembelajaran berbasis masalahdan kelas kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Instrumen tesyang digunakan meliputi tes pemahaman konsep dengan reliabilitas 0 600. Data penelitian diperoleh melalui pre-test dan pos-test. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan Mann-Whitney U test dan uji N-Gain Berdasarkan analisis data terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol perbedaan in terlihat dari signifikasi Mann-Whitney U test yang mendapatkan skor 0.000 yang berarti memiliki perbedaan pemahaman konsep siswa. Hasil uji pengaruh juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh intervensi pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi. Berdasarkan uji N-gain kelaseksperimen dan kontrolmemilikiefekpeningkatanpadakriteria sedang 0 3 dan 0 38. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa guru di Timor Leste dapat menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk memperbaiki pemahaman konsep siswa. Penelitian lainnya diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep yang dimiliki oleh siswa melalui penerapan model pembelajaran dan pada materi fisika lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111761

Actions (login required)

View Item View Item