Penerapan strategi pair check untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas XI MAN Malang I / Laila Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pair check untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas XI MAN Malang I / Laila Mufidah

Mufidah, Laila (2011) Penerapan strategi pair check untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas XI MAN Malang I / Laila Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis strategi pair check MAN Penerapan strategi pair check untuk meningkatkan kemampuan menulis ber tujuan agar siswa memiliki kemampuan dalam menuangkan ide pikiran pengalaman dan pendapatnya dalam bahasa Arab dengan benar. Dengan strategi pair check memungkinkan bagi siswa untuk saling bertukar pendapat dan saling memberikan saran tentang bahan tulisan yang akan ditulis. Pelaksanaan pembelajaran menulis yang sudah dilakukan di kelas XI masih berkisar pada mengurutkan kata menjadi kalimat yang padu ataupun mentransleterasi tulisan Latin ke Arab. Sehingga siswa tidak terbiasa untuk mengungkapkan ide gagasan dan pendapatnya dalam bentuk bahasa Arab. Untuk menyempurnakan strategi pembelajaran menulis yang dilakukan oleh guru peneliti mencoba strategi pair check. Dalam strategi pair check terdapat diskusi yang dilakukan dalam kelompok kecil/saling berpasangan. Dengan diterapkannya strategi pair check diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa XI IPS 3 MAN Malang I dalam pembelajaran menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi pair check dalam pembelajaran bahasa Arab dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis bahasa Arab dengan menerapkan strategi pair check. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berupa siklus-siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap kegiatan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai perencana pelaksana dan pelapor penelitian dalam pelaksanaan. Instrument yang digunakan yaitu (1) pedoman observasi (2) pedoman wawancara (3) angket (4) tes. Data penelitian ini berupa informasi tentang pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan strategi pair check dan proses peningkatan kemampuan menulis bahasa Arab dengan menerapkan strategi pair check. Kedua hal tersebut direkam dalam catatan lapangan berupa proses tindakan yang terjadi pada masing-masing siklus dan hasil tulisan siswa pada tiap siklus. Pelaksanaan pembelajaran menulis bahasa Arab dengan strategi pair check dilakukan melalui proses menulis melalui tahapan berikut. Tahap pra menulis kegiatan yang dilakukan diantaranya membangkitkan semangat menulis siswa dan memberikan stimulus menentukan kelompok belajar dalam hal ini yaitu pasangan siswa menentukan topik yang akan ditulis menyampaikan langkah-langkah menulis mengajak siswa untuk mulai menulis. Tahap saat menulis kegiatan yang dilakukan yaitu memberikan contoh kalimat dan meminta siswa untuk memperhatikan aspek-aspek penulisan kalimat diantaranya struktur kalimat penggunanan pilihan kata i ketepatan tulisan kerapian tulisan dan pengembangan kalimat. Tahap pasca menulis hal-hal yang dilakukan yakni merevisi dan memberikan hasil revisinya. Proses peningkatan kemampuan menulis ditandai dengan semakin aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran dan berkurangnya kendala-kendala yang dialami siswa dari siklus I sampai siklus III yang terekam dalam catatan lapangan dan meningkatnya kemampuan menulis siswa yang tampak pada hasil tulisan siswa. Secara keseluruhan rata-rata hasil siklus I adalah 54 9 sedangkan pada siklus II 68 1 dan pada siklus III 70 2 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pair check dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Mengingat manfaat yang dapat diperoleh siswa maka disarankan bagi guru untuk bisa menerapkan strategi pair check sebagai salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan ketrampilan menulis siswa dan berusaha meningkatkan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran bahasa Arab dengan mengembangkan media dan strategi menulis agar tidak hanya terpacu pada lembar kerja siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan meneliti kemampuan berbahasa Arab yang lain dengan menggunakan strategi pair check.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11173

Actions (login required)

View Item View Item