Pengembangan CD interaktif pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab berbasis macromedia flash MX untuk siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 03 Sedayulawas Brondong Lamongan / Indra Fariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan CD interaktif pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab berbasis macromedia flash MX untuk siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 03 Sedayulawas Brondong Lamongan / Indra Fariyanti

Fariyanti, Indra (2011) Pengembangan CD interaktif pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab berbasis macromedia flash MX untuk siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 03 Sedayulawas Brondong Lamongan / Indra Fariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci CD interaktif kemahiran berbicara bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah. Perkembangan teknologi yang pesat memacu munculnya berbagai inovasi teknologi yang berupa perangkat lunak (software). Dalam bidang pembelajaran kehadiran media pembelajaran yang relevan dengan teknologi sudah dirasakan banyak membantu tugas guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pemanfaatan kecanggihan teknologi untuk kepentingan pembelajaran sudah bukan merupakan hal yang baru lagi terutama akan membantu guru dan siswa mengatasi kesulitan belajar.. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan (a) hasil media CD interaktif dalam pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab berbasis Macromedia Flash MX untuk siswa kelas VII MTs (b) kelayakan media CD interaktif dalam pembelajaran kemahiran berbicara Bahasa Arab berbasis Macromedia Flash MX untuk siswa kelas VII MTs. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian pengembangan. Uji lapangan dilaksanakan di Sedayulawas Brondong Lamongan Jawa Timur. Prosedur penelitian ini adalah (1) analisis kebutuhan (2) rumusan tujuan (3) mengembangkan materi (4) produksi (5) menyusun petunjuk pemanfaatan (6) uji ahli media dan ahli materi (7) uji coba perseorangan (8) uji coba lapangan (9) revisi produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data presentase. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti (Human Instrumen) sebagai instrumen kunci dan instrumen penunjang berupa tes dan angket. Hasil pengembangan dari seluruh item yang telah dilakukan oleh ahli media menunjukan 67 5% ahli materi menunjukan 75% guru bahasa Arab menunjukan 92 8% dan kelompok kecil 72%. Hasil uji kelayakan keseluruhan menunjukan 76 8% dengan kriteria layak untuk digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Berdasarkan hasil uji coba lapangan yang didapat dari presentase hasil pekerjaan siswa melalui pre-test menunjukan 54 8% dan post-test menunjukan 96 4%. Angket yang telah isi oleh siswa-siswi MTs Muhammadiyah 03 Sedayulawas Brondong Lamongan dengan hasil keseluruhan item menunjukan 89% dengan kriteria layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item View Item