Pelaksanaan penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Poncokusumo / Aldino Tsalasa Agung Rizki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Poncokusumo / Aldino Tsalasa Agung Rizki

Rizki, Aldino Tsalasa Agung (2010) Pelaksanaan penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Poncokusumo / Aldino Tsalasa Agung Rizki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizki Aldino Tsalasa Agung. 2010. Pelaksanaan Penilaian Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Poncokusumo. Pembimbing I Drs. H. Moch. Khusairi M.Pd Pembimbing II Ali Ma sum S.Pd MA Kata kunci penilaian berbasis kelas pembelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah Penilaian merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dalam sistem pendidikan saat ini. Penilaian yang digunakan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah penilaian berbasis kelas (PBK). Sistem penilaian ini berupa penilaian yang berkelanjutan dan komprehensif untuk mendukung upaya memandirikan siswa dalam belajar bekerjasama dan menilai diri sendiri dengan menggunakan berbagai teknik PBK seperti pengumpulan karya siswa (portofolio) hasil karya (product) penugasaan (project) penilaian sikap (afektif) unjuk kerja (performance) dan tes tertulis (paper and pencil test). Dipilihnya Madrasah Aliyah Al-Ittihad Poncokusumo sebagai tempat penelitian karena (1) sekolah ini telah menerapkan KTSP sebagai kurikulum (2) peneliti ingin mengetahui perbandingan pelaksanaan PBK di Madrasah Negeri dengan pelaksanaan PBK di Madrasah Swasta (3) belum pernah dilakukan penelitian tentang PBK dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah ini serta (4) masih sedikitnya penelitian tentang PBK dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan PBK dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Poncokusumo yang meliputi (1) teknik-teknik penilaian yang digunakan dalam PBK pembelajaran bahasa Arab (2) kendala-kendala yang dihadapi guru bahasa Arab dalam pelaksanaan PBK dan (3) upaya-upaya yang di lakukan guru bahasa Arab untuk mengatasi kendala-kendala pelaksanaan PBK. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sedangkan alat bantunya berupa wawancara observasi dan studi dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan empat kegiatan yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data serta penyimpulan. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan yang tekun triangulasi dan pengecekan data. Hasil penelitian meliputi (1) teknik-teknik PBK yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah (a) Penugasaan (project) diperoleh dari nilai LKS (b) penilaian sikap (afektif) diambil dari observasi sikap siswa (c) unjuk kerja (performance) berupa praktek membaca dan hiwar serta (d) tes tertulis (paper and pencil test) berbentuk tes objektif dan tes subyektif (2) kendala-kendala yang dihadapi guru bahasa Arab dalam pelaksanaan PBK diantaranya (a) waktu yang terbatas (b) aspek yang dinilai banyak (c) pemilihan bentuk soal (d) jumlah siswa yang terlalu banyak (e) kesempatan menilai sedikit serta (f) latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda dan (3) upaya-upaya yang dilakukan guru bahasa Arab untuk mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan PBK antara lain (a) manajemen waktu yang tepat (b) penentuan aspek yang dinilai (c) penyesuaian indikator (d) pengelolaan nilai dengan cara bertahap (e) pengelolaan data semaksimal mungkin serta (f) pengklasifikasian kelas. i ii Dari hasil penelitian dan pembahasan disarankan (1) kepada kepala sekolah M.A Al-Ittihad Poncokusumo agar terus memberikan motivasi dan bantuan kepada guru dalam melaksanakan PBK sebagai manifestasi dari KTSP (2) kepada guru bahasa Arab agar selalu membuat soal-soal yang lebih bervariatif serta menyesuaikan dengan kurikulum yang ada hendaknya guru membuat format penilaian afektif dan hiwar secara khusus (3) kepada MAPENDA supaya lebih banyak memberikan wawasan pada sekolah-sekolah tentang PBK dengan berbagai teknik penilaiannya agar pelaksanaan PBK dapat maksimal serta (4) Disarankan kepada peneliti lain untuk lebih memfokuskan penelitian pada validitas soal-soal tes yang digunakan dalam PBK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11163

Actions (login required)

View Item View Item