Pengembangan modul pembelajaran qawa'id Bahasa Arab siswa kelas XI program Bahasa Madrasah Aliyah / Manda Putri Pavilyun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran qawa'id Bahasa Arab siswa kelas XI program Bahasa Madrasah Aliyah / Manda Putri Pavilyun

Pavilyun, Manda Putri (2010) Pengembangan modul pembelajaran qawa'id Bahasa Arab siswa kelas XI program Bahasa Madrasah Aliyah / Manda Putri Pavilyun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pavilyun Manda Putri. 2010. Pengembangan Modul Pembelajaran Qawa id Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Moh. Khasairi M.Pd. (2) Ali Ma 8223 sum S.Pd M.A Kata kunci modul pembelajaran bahasa Arab qawa id Madrasah Aliyah. Dewasa ini para pembelajar dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Sistem pembelajaran kuno seperti teacher centered sudah tidak relevan lagi untuk diterapkan dalam pembelajaran masa kini. Hal tersebut memberi pengaruh tersendiri bagi para pembelajar khususnya dalam hal alat atau sumber belajar karena sumber belajar merupakan salah satu komponen yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemandirian siswa. Sumber belajar yang banyak digunakan untuk menunjang pemahaman siswa dalam belajar qawa id bahasa Arab adalah buku paket. Tetapi buku paket belum semuanya memberikan tempat yang memadai pada siswa untuk dapat memahami materi secara spesifik dan menyeluruh. Para siswa tersebut membutuhkan komponen penunjang pembelajaran qawa id untuk lebih mudah dalam memahami dan sebagai paket belajar mandiri yang menyenangkan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan (a) pengembangan modul pembelajaran qawa id bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah (b) kelayakan modul pembelajaran qawa id bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah dan (c) kelemahan dan kelebihan modul pembelajaran qawa id bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah. Modul yang dihasilkan berupa buku yang disusun secara sistematis untuk belajar mandiri siswa. Modul pembelajaran ini didesain full colour mulai depan sampai belakang. Modul pembelajaran ini memiliki beberapa bagian. Bagian depan yang meliputi cover daftar isi dan kata pengantar bagian kedua adalah bagian inti yaitu isi dan bagian akhir adalah evaluasi menyeluruh dari materi yang telah dipelajari dalam modul. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian pengembangan. Uji lapangan dilaksanakan di MAN Gondanglegi Malang Jawa Timur. Prosedur penelitian ini adalah (1) menganalisis kebutuhan (2) merumuskan tujuan (3) mengembangkan materi (4) memproduksi media (5) memvalidasi (6) melakukan uji coba perorangan dan uji coba lapangan dan (7) merevisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini mencapai tingkat kelayakan 85 42% atau bisa dikatakan valid dan telah memenuhi kriteria modul pembelajaran yang cocok untuk siswa. Selain itu modul yang dikembangkan ini melalui beberapa kali revisi. Revisi dilakukan atas dasar saran kritik dan komentar dari masing-masing validator. Berdasarkan hasil uji coba di MAN Gondanglegi yang telah peneliti lakukan diketahui bahwa modul pembelajaran qawa id bahasa Arab ini mempunyai beberapa kelebihan diantaranya (a) sistematika penulisan dari segi teks font ukuran dan warna mudah dan jelas dibaca (b) mudah dipahami (c) siswa mendapatkan pemahaman yang lebih banyak dibandingkan dengan hanya menggunakan buku ajar (d) siswa lebih senang menggunakan modul ini sebagai sumber belajar qawa id dan (e) skematika penyusunan modul tidak jauh beda dengan buku ajar sehingga memudahkan siswa dalam menggunakannya. Meskipun mempunyai kelebihan modul pembelajaran ini juga mempunyai kelemahan antara lain (a) sedikitnya soal yang terdapat pada setiap materi (b) beberapa penjelasan dari materi kurang bisa memahamkan siswa dan (c) kurangnya variasi soal disetiap materinya. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengkaji memodifikasi dan memperkecil kekurangan pada modul pembelajaran qawa id bahasa Arab ini sehingga modul ini dapat digunakan sebagai referensi dan salah satu sumber belajar bagi siswa. Selain itu modul ini diharapkan dapat menjadi salah satu model pembelajaran bahasa Arab oleh guru yang lebih menarik dan variatif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11162

Actions (login required)

View Item View Item