Pengembangan media kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator dalam pembelajaran bahasa Arab siswa MTs kelas VII semester I / Sya'roni Alfajri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator dalam pembelajaran bahasa Arab siswa MTs kelas VII semester I / Sya'roni Alfajri

Alfajri, Sya'roni (2010) Pengembangan media kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator dalam pembelajaran bahasa Arab siswa MTs kelas VII semester I / Sya'roni Alfajri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Alfajri Sya roni. 2010. Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis Wondershare Quiz Creator Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MTs Kelas VII Semester I. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Irhamni M.Pd (2) Ali Ma sum S.Pd M.A. Kata kunci pengembangan kuis interaktif pembelajaran bahasa Arab Wondershare Quiz Creator. Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah menciptakan berbagai media pembelajaran baru yang dianggap lebih menunjang proses pembelajaran di antaranya media yang berbentuk aplikasi kuis interaktif. Kuis interaktif adalah salah satu media alternatif yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Kuis interaktif digolongkan menjadi media berbasis komputer karena untuk menjalankannya diperlukan komputer. Kuis interaktif merupakan sebuah aplikasi yang memuat materi pembelajaran dalam bentuk soal atau pertanyaan. Yang memungkinkan siswa untuk meningkatkan wawasan mengenai materi pembelajaran secara mandiri hanya dengan sekali menekan tombol pada tampilan aplikasi. Tujuan pengembangan secara umum adalah untuk menghasilkan media kuis interaktif berbasis Wondershare Quiz Creator dalam pembelajaran bahasa Arab siswa MTs kelas VII semester I. Tujuan khusus pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Produksi media kuis interaktif berbasis Wondershare Quiz Creator untuk pembelajaran Arab siswa MTs kelas VII semester I dan (2) penggunaan media kuis interaktif bahasa Arab berbasis Wondershare Quiz Creator untuk siswa kelas VII semester I. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan hasil adaptasi dari model pengembangan produk pendidikan oleh Borg dan Gall dan model pengembangan multimedia yang tertuang dalam situs (www.cdtl nus.edu.sg diakses tanggal 1 September 2009). Alasan pengembang mengadaptasi dua model di atas adalah karena hasil adaptasi dari kedua model ini mencakup keseluruhan hal yang berkaitan dengan pengembangan media kuis interaktif pembelajaran. Subjek pengembangan hasil dari media kuis interaktif ini adalah dua ahli pembelajaran bahasa Arab selaku validator dan dua praktisi pembelajaran bahasa Arab yaitu guru mata pelajaran bahasa Arab MTs. Instrumen dalam penelitian pengembangan ini adalah format penilaian berupa angket. Hasil pengembangan media kuis interaktif bahasa Arab berbasis Wondershare Quiz Creator ini dapat dirumuskan sebagai berikut. Pertama pengembangan dilaksanakan dengan tahapan (1) analisis kebutuhan (2) desain media (3) pengembangan media (4) uji validasi produk dan (5) evaluasi dan revisi media. Adapun hasil pengembangan berupa media kuis interaktif bahasa Arab berbasis Wondershare Quiz Creator yang berisi tema (1) Perkenalan 2) ( 1575 1604 1578 1617 1614 1593 1614 1575 1585 1615 1601 ) ) Pegawai di sekolah ( ( 1575 1604 1618 1605 1614 1583 1618 1585 1614 1587 1614 1577 1601 1616 1610 1575 1604 1593 1614 1575 1605 1616 1604 1615 1608 1618 1606 1614 (3) Sarana umum ( 4) ( 1575 1604 1618 1593 1614 1575 1605 1617 1614 1577 1575 1604 1605 1614 1585 1614 1575 1601 1616 1602 1615 ) Perlengkapan sekolah ( ( 1575 1604 1605 1614 1583 1618 1585 1614 1587 1616 1610 1617 1614 1577 1575 1604 1571 1614 1583 1614 1608 1614 1575 1578 dan (5) Warna ( 1575 1604 1571 1614 1604 1618 1608 1614 1575 1606 ). Dengan beberapa jenis kuis yaitu (1) Benar/salah ii (2) Pilihan berganda (3) Pilihan berganda silang (4) Menjodohkan dan (5) Mengurutkan. Tingkat validitas produk yang dihasilkan secara keseluruhan adalah 74.30%. Hal ini berarti bahwa media kuis interaktif ini cukup layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab siswa MTs kelas VII dengan beberapa revisi. Kedua penggunaan media kuis interaktif bahasa Arab berbasis Wondershare Quiz Creator ini cukup mudah dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) masukkan CD ke dalam komputer (2) klik tombol mulai untuk memulai kuis (3) klik tombol tema yang diinginkan (4) klik tombol kuis yang diinginkan kemudian akan muncul halaman kuis (5) tekan pada keyboard tombol Ctrl f untuk mengubah tampilan menjadi fullscreen (6) klik tombol mulai untuk mulai menjawab kuis (7) klik tombol jawab untuk menjawab pertanyaan (8) tekan pada keyboard tombol Esc lalu klik tombol X untuk menutup halaman kuis dan memilih halaman kuis lainnya (9) klik pada halaman utama tombol Next untuk melanjutkan ke halaman berikutnya tombol Back untuk kembali ke halaman sebelumnya tombol Home untuk kembali ke halaman tema dan tombol Exit untuk menutup aplikasi. Media kuis interaktif berbasis Wondershare Quiz Creator ini akan lebih efisien jika digunakan pada akhir kegiatan pembelajaran bahasa Arab sebagai evaluasi terhadap materi yang telah dipelajari. Adapun strategi penggunaannya dalam kegiatan pembelajaran yaitu (1) guru menampilkan media kuis interaktif pada layar LCD di depan kelas (2) guru menjelaskan media kuis interaktif kepada siwa (3) guru menyuruh siswa untuk beradu cepat mengacungkan tangan untuk menjawab tiap-tiap pertanyaan yang tersaji pada media kuis interaktif (4) siswa yang paling cepat mengacungkan tangan berhak menjawab pertanyaan yang terdapat pada media (5) siswa akan mendapat pujian dari guru baik ketika jawaban yang diajukannya itu salah ataupun benar dan (6) siswa yang paling banyak menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapat hadiah dari guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11161

Actions (login required)

View Item View Item