Pengembangan CD interaktif sebagai media pengayaan pembelajaran bahasa Arab siswa madrasah aliyah / Amalia Husnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan CD interaktif sebagai media pengayaan pembelajaran bahasa Arab siswa madrasah aliyah / Amalia Husnul Khotimah

Khotimah, Amalia Husnul (2010) Pengembangan CD interaktif sebagai media pengayaan pembelajaran bahasa Arab siswa madrasah aliyah / Amalia Husnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khotimah Amalia Husnul. 2009. Pengembangan CD Interaktif sebagai Media Pengayaan Pembelajaran Bahasa Arab Siswa di Madrasah Aliyah. Skripsi tidak diterbitkan. Malang Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs.Muhaiban (II) Dr.Nurul Murtadho M.Pd. Kata Kunci CD Interaktif Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah Perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan membawa dampak positif khususnya dalam media pembelajaran berbasis komputer. Banyak media pembelajaran yang misalnya video CD interaktif CD audio dll. Begitu juga dalam pengajaran non bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pengayaan pada pembelajaran bahasa Arab dalam bentuk CD interaktif yang mengacu pada kurikulum KTSP 2006 berfokus pada aplikasi penggunaan struktur topik bahasan Al-Masajid Fii Ushu ri U la tingkat IX madrasah Aliyah. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model yang diadaptasi dari model ancangan The system Approach Model Model ini diawali dari merancang mengembangkan mengimplementasikan dan menilai pembelajaran. Rancangan sistem memiliki prosedur (1) mengenali tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran yaitu mengenali tingkah laku dan ciri siswa (3) merumuskan tujuan performansi pembelajaran (4) mengembangkan materi pembelajaran persiapan pelaksanaan editing (5) merancang dan melaksanakan penilaian formatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah produk CD interaktif yang berisi materi bertemakan Ash-Shola h wal Masjid. Berdasarkan uji terapan yang dilakukan oleh 20 siswa kelas XI IPA 1 media ini digolongkan sebagi media pembelajaran yang layak untuk digunakan sebagai media pengayaan dalam pembelajaran bahasa Arab. Selain data kuantitatif diperoleh pula data kualitatif berupa kritik dan saran yang digunakan untuk perbaikan media dalam proses selanjutnya. Kritik dan saran tersebut adalah perlu pengembangan materi lainnya baik berupa pengembangan media pembelajaran atau media pengayaan meningkatan keinteraktifan media pembelajaran dengan menyediakan fitur-fitur sederhana yang dapat diakses secara otomatis dan pengembangan produk media berbasis komputer yang bersifat online agar ada kemuakhiran informasi dan materi yang akan disampaikan kepada siswa berdasarkan kurikulum yang dikembangkan. Dalam penggunaanya media ini harus diakses pada komputer dengan spesifikasi komputer minimal pentium III memory SDR 128 MB VGA sound Usb Port CDROM speaker aktif dan bersetting windows XP Arabic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11160

Actions (login required)

View Item View Item