Penerapan mode kooperatif model Teams-Games-Tournaments (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar maharah qira'ah siswa kelas XII Bahasa MAN Batu / Sholihatul Atik Hikmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan mode kooperatif model Teams-Games-Tournaments (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar maharah qira'ah siswa kelas XII Bahasa MAN Batu / Sholihatul Atik Hikmawati

Hikmawati, Sholihatul Atik (2010) Penerapan mode kooperatif model Teams-Games-Tournaments (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar maharah qira'ah siswa kelas XII Bahasa MAN Batu / Sholihatul Atik Hikmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hikmawati Sholihatul Atik. 2009. Penerapan Metode Kooperatif Model Teams- Games- Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Maharah Qira ah Siswa Kelas XII Bahasa MAN Batu Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Moh. Khasairi M.Pd dan Mohammad Ahsanuddin S.Pd M.Pd.I Kata kunci Maharah Qira ah kooperatif TGT motivasi belajar hasil belajar. Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin cepat laju teknologi maka tuntutan dalam dunia pendidikan semakin berubah paradigma lama yaitu teacher centered (pelajaran yang terpusat pada guru) tidak bisa lagi dipertahankan karena pengajaran tersebut bersifat monoton sehingga siswa cenderung pasif dan merasa takut untuk menanyakan kesulitan yang mereka hadapi kepada guru. Mereka lebih suka menanyakan apa yang tidak dipahami dari teks atau bacaan kepada teman. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang memberikan konstribusi kepada pengajar untuk membentuk sebuah kelompok belajar yang dapat membangkitkan motivasi siswa sehingga memudahkan mereka dalam memahami materi secara menyeluruh dan menjawab soal-soal yang diberikan. Hal ini dapat diatasi dengan cara guru memberikan variasi strategi pembelajaran yang bersifat kooperatif agar atmosfer pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil dan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini secara umum adalah meningkatkan hasil dan motivasi belajar Maharah Qira ah dengan pendekatan kooperatif model TGT. Tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran Maharah Qira ah dengan pendekatan kooperatif model TGT (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Maharah Qira ah dengan pendekatan kooperatif model TGT dan (3) mendeskripsikan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran Maharah Qira ah dengan pendekatan kooperatif model TGT. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Bahasa MAN Batu yang sedang menempuh semester ganjil 2009/2010. Data dalam penelitian ini berupa (1) informasi tentang aktivitas guru dan siswa (2) informasi tentang proses pelaksanaan pembelajaran kooperatif TGT pada Maharah Qira ah dan (3) motivasi dan hasil belajar siswa. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah human instrumen dengan instrumen bantu berupa pedoman wawancara lembar observasi soal tes dan angket. Langkah-langkah yang ditempuh peneliti adalah mengumpulkan data menyajikan data mereduksi data mengorganisasi data memaknai data dan menyimpulkan hasil penelitian. Adapun tahap-tahap penelitian adalah perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Proses pembelajaran kooperatif model TGT memiliki lima komponen yakni (1) penyajian kelas pengajar memberikan gambaran secara umum tentang materi yang akan disajikan (2) tim guru melaksanakan pembagian kelompok secara heterogen dari segi kemampuan. Tugas tim tersebut yaitu saling memotivasi dan siswa yang pandai sebagai tutor sebaya bagi timnya (3) permainan tim mengirimkan delegasinya untuk bermain di papan destinasi (4) pertandingan kelompok delegasi yang memiliki kemampuan homogen saling bersaing untuk mengumpulkan skor sebanyak-banyaknya untuk kemenangan timnya dan (5) penghargaan tim guru memberikan penghargaan kepada tim yang telah mengumpulkan skor tertinggi atau super tim. Penghargaan ini selain untuk menginformasikan keberhasilan tim juga sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi tim lain. Pelaksanaan pembelajaran Maharah Qira ah dengan pendekatan kooperatif TGT pada siklus I ditemukan beberapa permasalahan diantaranya (1) siswa belum terkondisikan karena guru tidak memberikan penjelasan secara menyeluruh alur pembelajaran dengan model TGT serta kurangnya acuan yang diberikan guru (2) fungsi dari kerja tim kurang maksimal sehingga sebagian besar siswa tidak bisa tampil percaya diri saat menghadapi lawan di meja pertandingan dan (3) siswa masih belum terbiasa mengungkapkan kesimpulan atau menjawab pertanyaan dengan bahasa Arab adapun pada siklus II masalah pada siklus I dapat diatasi. Namun ditemukan kendala baru yaitu kurangnya media kamus sehingga ada beberapa tim yang mengganggu konsentrasi tim lain serta guru belum memberikan kesimpulan secara menyeluruh. Adapun pada siklus III masalah-masalah pada siklus I dan II dapat diatasi. Untuk mengetahui hasil belajar siswa peneliti menggunakan tiga jenis penilaian berupa pengumpulan poin penilaian afektif dan tes. Dari ketiga jenis penilaian tersebut ada peningkatan hasil belajar yang signifikan dari tiap siklusnya. Rata-rata kelas pada siklus I adalah 67 3 meningkat pada siklus II 78 3 dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 85 2. Peningkatan hasil belajar tersebut tergantung pada besarnya peran kerja dan motivasi tim serta tanggung jawab individu untuk mencapai keberhasilan tim dan dirinya sendiri. Dari hasil belajar siswa tersebut maka dapat diketahui peningkatan motivasi siswa di tiap siklusnya baik itu motivasi yang dicapai karena keinginan untuk berhasil kebutuhan dalam belajar harapan masa depan penghargaan dalam belajar kegiatan yang menarik dalam belajar dan proses belajar yang kondusif. Disarankan kepada Guru bahasa Arab MAN hendaknya meningkatkan profesionalisme dan kualitas PBA dengan menciptakan inovasi metode maupun media PBA yang variatif. Kepala Madrasah hendaknya mengikutsertakan guru bahasa Arab dalam pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian guru dalam PBA berbasis metode kooperatif. Siswa hendaknya lebih bersungguh-sungguh dan lebih bersemangat dalam belajar bahasa Arab serta tidak menganaktirikan/meremehkan pelajaran bahasa Arab. Peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa dengan diaplikasikan ke Maharah yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11159

Actions (login required)

View Item View Item