Pengembangan media pembelajaran dengan program macromedia flash untuk materi "Al-A'mal Al-Yaumiyyah" kelas XI semester I di MAN / Nurul Amalia Sholihatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran dengan program macromedia flash untuk materi "Al-A'mal Al-Yaumiyyah" kelas XI semester I di MAN / Nurul Amalia Sholihatin

Sholihatin, Nurul Amalia (2010) Pengembangan media pembelajaran dengan program macromedia flash untuk materi "Al-A'mal Al-Yaumiyyah" kelas XI semester I di MAN / Nurul Amalia Sholihatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholihatin Nurul Amalia. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Program Macromedia Flash untuk Materi Al-A mal Al-Yaumiyyah Kelas XI di MAN. Skripsi tidak diterbitkan. Malang Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. H. Imam Asrori M. Pd. (II) Prof. H. Muhaiban. Kata Kunci Pembelajaran media Macromedia Flash MAN. Media pembelajaran berbasis komputer merupakan salah satu variasi penggunaan media pendidikan modern yang digemari oleh para siswa. Salah satu program komputer yang dapat menjadi media pendidikan adalah macromedia flash yaitu program animasi yang telah banyak digunakan untuk menghasilkan desain dan berguna untuk animasi interaktif. Media ini memiliki kemampuan dalam mengintergrasikan komponen warna musik dan animasi grafik. Media ini juga mampu memberikan balikan sehingga siswa dapat aktif berinteraksi dengan media yang diproduksi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa sarana di MAN Malang I belum optimal pemafaatannya dengan demikian upaya inovasi dan kreatif yang mengarah kepada pencapaian kompotensi materi secara mutlak diperlukan untuk mengatasi permasalahan tersebut diantaranya dengan memproduksi media interaktif yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk CD interaktif dengan program macromedia flash dan disertai buku langkah penggunaan media interaktif. Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan model Dick Carey yang dimodifikasi oleh pengembang sehingga menggunakan prosedur pengembangan dengan menentukan kebutuhan dan tujuan mengumpulkan bahan acuan mempelajari isi mengembangkan ide mendesain pembelajaran menyusun naskah dengan membuat diagram alir membuat storyboard memprogram materi membuat materi pendukung melakukan evaluasi dan revisi. Dalam penelitian ini media yang telah diproduksi selanjutnya diuji coba kepada ahli materi dan ahli media. Uji coba kelompok kecil terdiri atas 3 orang siswa dan guru bidang studi bahasa Arab juga guru komputer di MAN Malang I. Uji coba lapangan terdiri atas 16 orang siswa kelas XI program Bahasa di MAN Malang I. Data penelitian ini diperoleh dengan angket observasi penilaian siswa dan dokumentasi. Jenis data berupa data kuantitatif yaitu skor hasil evaluasi penilaian terhadap media dari semua validator. Data kualitatif adalah saran dan kritik validator terhadap media dan deskripsi temuan dilapangan. Teknik analisis data yang gunakan adalah teknik analisis data deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah produk media macromedia flash serta buku petunjuk penggunaan. Selain itu juga hasil yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor penilaian produk yang memiliki kelayakan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi kelompok ahli terhadap media yang dikembangkan adalah 87 30 % (valid) sedangkan hasil validasi kelompok kecil yang menyatakan 92.72% (valid) dan hasil validasi kelompok uji coba lapangan yang menyatakan 96.10% (valid). Peningkatan nilai pretes dan postes siswa menunjukkan bahwa media yang diproduksi efektif. Peningkatan nilai pretes dan postes pada saat uji coba audiens rata-rata keuntungan nilainya 18.1. Data kualitatif berupa saran dan kritik untuk i perbaikan media interaktif dan hasil observasi lapangan menunjukkan bahwa siswa termotivasi untuk belajar materi Al-A mal Al-Yaumiyyah. Oleh sebab itu secara umum media pembelajaran berbasis komputer tersebut layak digunakan sebagai alternatif di MAN. Atas dasar paparan diatas maka produk media interaktif dengan program macomedia flash dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan dengan program macromedia flash memadai. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan media pembelajaran dengan program macromedia flash disarankan media pembelajaran pemanfaatan media pembelajaran dengan program macromedia flash sebaiknya digunakan pada komputer dengan spesifikasi minimal Pentium III RAM 256 MB yang berseting windows XP yang berfasilitas Language Arabic sedangkan untuk penggunaan buku petunjuk adalah Media buku lebih baik bukan bentuk foto kopi agar dapat membantu siswa memahaminya dengan jelas kalapun harus foto kopi maka dibutuhkan penjelasan guru lebih detail dan Media pembelajaran ini sebaiknya digunakan oleh pengguna yang memiliki Compact Disk (CD) pembelajaran dengan program macromedia flash. Penggunaan produk pada skala yang lebih luas media pembelajaran dengan program macromedia flash dapat diterapkan secara bertahap. Tahap pertama guru menjelaskan hal-hal yang terkait dengan produk. Tahap kedua siswa belajar mandiri melalui komputer namun jika masih ada siswa yang belum jelas tentang materi yang dijelaskan maka guru dapat menjelaskan dengan lebih detail lagi. Dan saran terhadap pengembangan selanjutnya adalah pengadaan media dengan program macromedia flash yang bersifat online dengan pengembangan materi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11152

Actions (login required)

View Item View Item