Penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam pembelajaran Qawa'id di SMAN I Turen / Rohmi Dewi Maslukha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam pembelajaran Qawa'id di SMAN I Turen / Rohmi Dewi Maslukha

Maslukha, Rohmi Dewi (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam pembelajaran Qawa'id di SMAN I Turen / Rohmi Dewi Maslukha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Maslukha Rohmi. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw dalam Pembelajaran Qawa 1048758 id di SMAN I Turen. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Hanik Mahliatussikah M.Hum. (II) Syafa at S.Ag. M.Ag. Kata kunci pembelajaran kooperatif jigsaw qawa 1048758 id Metode pembelajaran kooperatif jigsaw merupakan salah satu temuan baru untuk memperbaiki metode pembelajaran dalam dunia pendidikan. Pembelajaran yang masih bersifat tradisional memberikan kejenuhan kepada siswa untuk belajar sehingga mengurangi minat dan motivasi siswa untuk belajar materi pembelajaran. Belajar bahasa Arab masih kurang diminati masyarakat jika dibandingkan dengan bahasa-bahasa yang lain. Hal ini karena pada umumnya bahasa Arab tidak menggema dalam lingkungan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan metode pembelajaran yang dapat memberikan ketertarikan siswa untuk mempelajari bahasa Arab. Di antara metode pembelajaran yang diduga dapat memberikan perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran tersebut adalah pembelajaran kooperatif. Dalam pembelajaran kooperatif terdapat berbagai model pembelajaran yang bisa diterapkan untuk pembelajaran bahasa Arab. Salah satunya adalah model jigsaw. Penelitian ini diterapkan dalam pembelajaran qawa 1048758 id yang bertujuan untuk mengetahui (a) pengelolaan guru terhadap pembelajaran qawa 1048758 id dalam kelompok jigsaw (b) aktivitas siswa dalam kelompok jigsaw (c) hasil pembelajaran siswa setelah diterapkan metode jigsaw dan (d) respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif model jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN I Turen yang terletak di jalan Mayjen Panjaitan nomor 65 Turen Malang. Penetapan kelas XI IPA 3 ini karena sebagian besar siswa adalah masukan non madrasah dan belum pernah mempelajari bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahapan pembelajaran yaitu perencanaan pelaksanaan hasil pelaksanaan dan refleksi. Adapun jenis datanya adalah data deskriptif kualitatif. Data yang diperlukan diperoleh dari angket observasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model jigsaw ini memberikan pengaruh yang positif kepada siswa. Dalam pembelajaran ini siswa dituntut aktif dan bertanggung jawab terhadap tugas masing-masing siswa. Sehingga dalam pembelajaran ini siswa tidak sekedar belajar materi pelajaran saja melainkan juga belajar bersosialisasi terhadap sesama teman. Sikap masing-masing siswa pun juga semakin membaik dari perkembangan siklus dan siklus II. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang memperoleh persentase sejumlah 97.1% untuk siswa yang menjalankan perannya dengan baik dan 2.9 % siswa kurang menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara itu pada siklus II mengalami peningkatan 97.1% siswa menjalankan perannya dengan baik dan 2.9 % siswa sudah cukup baik menjalankan perannya. 8 Sedangkan pengamatan terhadap kelas jigsaw diperoleh data bahwa pada siklus I 33.33% terlaksana dengan baik dan 50% aspek terlaksana cukup baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh data 83.33 % dari keseluruhan aspek terlaskana dengan baik. Hasil tes siswa di setiap siklus memberikan hasil yang memuaskan. Pada siklus I ada tujuh siswa yang dinyatakan tidak tuntas belajar. Sedangkan pada siklus II hanya ada tiga siswa yang tidak tuntas belajar. Terhadap pembelajarn ini siswa sangat merespon positif. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket siswa 52.78% menyatakan cukup senang belajar dalam kelompok jigsaw. Dari respon tersebut 50 % siswa menyatakan setuju jika pembelajaran bahasa Arab dalam kelompok jigsaw ini perlu dikembangkan untuk materi pelajaran yang lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru khususnya guru mata pelajaran bahasa Arab agar mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif jigsaw sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11151

Actions (login required)

View Item View Item