Kekhasan pengajaran bahasa arab di Sekolah Alam Bilingual Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang / Afrilia Sultana - Repositori Universitas Negeri Malang

Kekhasan pengajaran bahasa arab di Sekolah Alam Bilingual Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang / Afrilia Sultana

Sultana, Afrilia (2010) Kekhasan pengajaran bahasa arab di Sekolah Alam Bilingual Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang / Afrilia Sultana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sultana Afrilia. 2008. Kekhasan Pengajaran Bahasa Arab di Sekolah Alam Bilingual Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Irhamni M.Pd (II) Yusuf Hanafi S.Ag. M.Fil. I. Kata kunci kekhasan pengajaran bahasa Arab sekolah alam. Sekolah Alam adalah sekolah dengan konsep pendidikan berbasis alam semesta. Konsep sekolah alam tentunya berbeda dengan konsep sekolah pada umumnya. Konsep ini memungkinkan adanya kekhasan dalam aspek-aspek pengajarannya. Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang merupakan salah satu sekolah dasar yang menerapkan konsep sekolah alam. Selain itu sekolah ini juga menjadikan bahasa Arab sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Alam Bilingual Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang jalan Gajayana IV/631 Malang pada bulan April 2008. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan variabel penelitian untuk mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks melalui pengumpulan data dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Analisis data yang dilakukan adalah mengedit data untuk melihat kelengkapannya mengklasifikasikan data untuk menjawab masalah dan mengumpulkan hasil penelitian berdasarkan masalah yang telah dirumuskan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kekhasan pengajaran bahasa Arab di Sekolah Alam Bilingual Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang dalam aspek materi yang diajarkan metode pengajaran yang diterapkan media pengajaran yang digunakan serta evaluasi pengajaran yang dilakukan. Diharapkan dapat dijadikan bahan masukan dalam pengembangan pengelolaan pengajaran bahasa Arab berbasis alam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari empat variabel penelitian yaitu materi metode media serta evaluasi dan penilaian dalam pengajaran bahasa Arab di Sekolah Alam Bilingual Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang didapati beberapa kekhasan yaitu dalam variabel materi pengajaran berupa pemanfaatan alam (lingkungan sekitar siswa) sebagai salah satu bahan ajar dalam pengayaan mufradat metode pengajaran berupa metode pengajaran berbasis alam dan media pengajaran berupa media alam. Pada variabel evaluasi pengajaran bahasa Arab tidak terdapat kekhasan. Selain itu adanya pengajaran bahasa Arab di SD Islam Surya Buana Malang merupakan suatu kekhasan karena SD ini berada dibawah naungan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) dimana Depdiknas tidak memasukkan bahasa Arab dalam kurikulum pengajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11146

Actions (login required)

View Item View Item