Pengajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah Wahab Hasbulloh Tambakberas Jombang / Muhimmatul Muyassarah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah Wahab Hasbulloh Tambakberas Jombang / Muhimmatul Muyassarah

Muyassarah, Muhimmatul (2010) Pengajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah Wahab Hasbulloh Tambakberas Jombang / Muhimmatul Muyassarah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Madrasah Aliyah Wahab Hasbulloh adalah salah satu lembaga pendidikan tingkat menengah atas yang mengajarkan bahasa Arab sebagai mata pelajaran wajib jam pelajaran ini diberikan cukup padat yaitu disamping ada jam pelajaran formal madrasah ini juga menyajikan bahasa Arab sebagai intensif yang diberikan 10 jam per minggu. Mata pelajaran ini diikuti oleh semua siswa mulai dari kelas 1 sampai kelas 3. dan madrasah ini merupakan madrasah unggulan dibidang bahasa termasuk bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Wahab Hasbulloh Tambakberas-Jombang. Tujuan khususnya adalah untuk mendeskripsikan (1) latar belakang guru bahasa Arab (2) kurikulum pengajaran bahasa Arab (3) materi pengajaran bahasa Arab (4) metode pengajaran bahasa Arab (5) media pengajaran bahasa Arab dan (6) evaluasi pengajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Wahab Hasbulloh. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa guru bahasa Arab dan kepala sekolah Madrasah Aliyah Wahab Hasbulloh. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen inti sedangkan instrumen bantu yang digunakan adalah pedoman observasi pedoman wawancara dan lembar angket. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara angket dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan cara (1) observasi terus menerus (2) mendiskusikan data dan hasil analisis dengan pihak tertentu yang dipandang ahli (3) memeriksa kembali catatan lapangan secara cermat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang guru bahasa Arab di Madrasah Aliyah Wahab Hasbulloh adalah berlatar belakang pendidikan. Kurikulum yang digunakan adalah perpaduan antara kurikulum Depag dan kurikulum pesantren. Dalam kurikulum tersebut memuat materi yang akan diajarkan dalam KBM. Guru telah membuat silabus sendiri dengan acuan silabus dari Depag. Dalam silabus memuat materi dan skenario pengajaran. Materi yang diajarkan diambil dari buku ta limul lughagh Al-arabiyyah. Untuk kelas 1 terdiri atas 2 jilid sedangkan untuk kelas 2 dan 3 hanya 1 jilid. Buku penunjang yang digunakan adalah Al-arabiyyah baina Yadaik Al-Arabiyyah lin Nasyi in dan muhawarotul Hadistah. Guru mengajar dengan menggunakan metode yang variatif dalam pengajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar adalah metode audiolingual metode langsung metode membaca dan menggunakan permainan. Permainan yang digunakan adalah bisik berantai dan bermain peran. Guru melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar seperti memecahkan masalah membuat kalimat menterjemahkan dan membaca. Selain metode-metode tersebut guru juga menggunakan metode lain yaitu metode ceramah metode tanya jawab metode diskusi metode sosiodrama metode penugasan poster session role playing jigsaw information search concept map learning start with question team quiz change out group brain storming mind mapping dan snow balling untuk mengajar. Media yang tersedia di Madrasah Aliyah Wahab Hasbulloh adalah kaset tape recorder OHP CD film CD pembelajaran TV VCD sound system dan white board. Sedangkan media yang sering digunakan dalam proses belajar mengajar adalah kartu kata kartu gambar dan benda-benda asli. Evaluasi dilakukan dengan 2 macam cara yaitu penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan selama proses belajar mengajar berlangsung sedangkan penilaian hasil ada 3 macam cara yaitu ulangan harian ulangan tengah semester ulangan akhir semester. Jenis tes yang digunakan adalah tes tulis dan tes lisan. Untuk kelas 3 madrasah mewajibkan siswanya membuat karya tulis ilmiah dalam bahasa Arab/Inggris sebagai syarat kelulusan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11143

Actions (login required)

View Item View Item