Peningkatan minat dan hasil belajar kosa kata Bahasa Arab dengan pendekatan belajar sambil bermain di SDN Lumbangrejo I Prigen Pasuruan / Atik Nur K. - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan minat dan hasil belajar kosa kata Bahasa Arab dengan pendekatan belajar sambil bermain di SDN Lumbangrejo I Prigen Pasuruan / Atik Nur K.

Nur K., Atik (2009) Peningkatan minat dan hasil belajar kosa kata Bahasa Arab dengan pendekatan belajar sambil bermain di SDN Lumbangrejo I Prigen Pasuruan / Atik Nur K. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan dalam hal penguasaan kosa kata merupakan kemampuan awal yang harus dimiliki oleh anak dalam pembelajaran bahasa Arab. Kosa kata bahasa Arab dapat diperoleh anak dengan berbagai cara dengan melihat mendengar atau karena melakukannya. Dan permainan merupakan salah satu kegiatan yang tidak bisa lepas dari kehidupan anak-anak sebagai bagian dari kekhususan karakteristik anak-anak. Pendekatan belajar sambil bermain dapat dijadikan alternatif untuk menciptakan suasana pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak. Belajar sambil bermain merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan minat dan tahap perkembangan belajar bahasa bagi anak usia SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lumbangrejo I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan pada pelajaran bahasa Arab program Plus Kurikuler bahasa Arab. Pemilihan SDN tersebut karena dua pertimbangan yaitu (1) sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah dasar di bawah naungan Depdiknas yang menyelenggarakan mata pelajaran bahasa Arab sebagai mata pelajaran tambahan yang kemudian diberi nama Program Plus Kurikuler Bahasa Arab dan (2) secara teknis kegiatan Program Plus Kurikuler bahasa Arab di SDN Lumbangrejo I Prigen memang membutuhkan langkahlangkah strategis untuk mencapai tujuan diadakannya kegiatan plus kurikuler bahasa Arab itu sendiri. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat dan hasil belajar kosa kata bahasa Arab siswa program Plus Kurikuler bahasa Arab melalui pendekatan belajar sambil bermain dari segi materi strategi media dan model evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan dengan rancangan tindakan yang dilakukan melalui beberapa siklus. Setiap siklus tediri atas empat tahap yaitu (1) planning/rencana awal yang akan dilakukan (2) action/tindakan (3) observation/pengamatan dan (4) reflektion/refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V peserta wajib program Plus Kurikuler bahasa Arab. Data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi semi partisipasi pasif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama dengan menggunakan instrumen bantu yaitu lembar observasi wawancara soal-soal tes catatan lapangan dan dokumentasi. data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan dimulai sejak pengumpulan data sampai penyusunan laporan. Keabsahan data dalam penelitian ini diperiksa melalui triangulasi yaitu membandingkan hasil wawancara observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Secara garis besar hasil dari penelitian ini tertuang dalam lima siklus tindakan yaitu peningkatan minat dan hasil belajar kosa kata bahasa Arab siswa melalui (1) materi dengan tema-tema yang dekat dengan lingkungan siswa mudah atau pernah dipelajari oleh siswa (2) penerapan strategi pembelajaran kosa kata yang sesuai dengan karakteristik dan kecenderungan siswa sebagai anak-anak dengan cara memasukkan unsur-unsur bermain dalam kegiatan pembelajaran (3) penggunaan media yang sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran dan (4) model evalusi yang bervariatif memotivasi minat dan keaktifan siswa melalui pendekatan belajar sambil bermain disamping sebagai tolok ukur penguasaan siswa terhadap kosa kata yang dipelajari. Disarankan bagi kepala SDN Lumbangrejo I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kosa kata bahasa Arab siswa agar menyediakan buku penunjang dan media yang memadai sebagai solusi keterbatasan fasilitas pembelajaran bahasa Arab. Selain itu kepala sekolah juga disarankan agar membuka kesempatan bagi pengajar yang lebih berkompeten dalam bidang pendidikan bahasa Arab untuk membantu guru bidang studi yang sudah ada. Guru bidang studi disarankan mengadakan suatu program pembelajaran mingguan yang dapat membiasakan siswa mengungkapkan kalimat-kalimat percakapan sederhana berbahasa Arab atau kosa kata bahasa Arab (bisa berkolaborasi dengan bahasa Inggris) semacam language day .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11141

Actions (login required)

View Item View Item