Pengembangan bi'ah arabiyyah di ma'had Sunan Ampel Al-Aly Universitas Islam Negeri (UIN) Malang / Hasyim Amrullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bi'ah arabiyyah di ma'had Sunan Ampel Al-Aly Universitas Islam Negeri (UIN) Malang / Hasyim Amrullah

Hasyim Amrullah (2008) Pengembangan bi'ah arabiyyah di ma'had Sunan Ampel Al-Aly Universitas Islam Negeri (UIN) Malang / Hasyim Amrullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa dunia mempunyai kedudukan yang tinggi setelah bahasa Inggris yaitu sebagai bahasa internasional. Melihat arti penting bahasa Arab tersebut maka sudah sepatutnya bahasa Arab dipelajari dan dikembangkan di Indonesia. Hal ini disebabkan hampir 80% penduduk Indonesia beragama Islam. Ma had Sunan Ampel Al-ali (MSAA) Universitas Islam Negeri Malang adalah salah satu pondok pesantren yang ada di Kota Malang yang dinaungi oleh lembaga pendidikan tinggi islam. MSAA UIN Malang ini adalah salah satu lembaga pendidikan non formal bercirikan keislaman dalam upaya peningkatan pembelajaran bahasa Arab pondok ini mengadakan program kebahasaan yaitu penciptaan Bi ah rabiyyah Bi ah rabiyyah merupakan lingkungan kehidupan yang di dalamnya terdapat kegiatan-kegiatan yang dipenuhi dengan berbahasa Arab Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pengembangan Bi ah rabiyyah di MSAA UIN Malang yang meliputi Latar belakang tujuan sistem aktivitas faktor penghambat dan pendukung dalam pengembangan Bi ah rabiyyah di Ma had Sunan Ampel Al-Aly (MSAA) Universitas Islam Negeri. Penelitian ini dilakuakan di MSAA UIN Malang Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh warga MSAA UIN Malang. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan berupa data hasil dari observasi selama penelitian dilakukan. Data penelitian ini diperoleh dengan wawancara observasi dan dokumensasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan peneliti sebagai instrumen sekaligus pengumpul data sedangkan instrumen pembantu adalah kisi-kisi interviw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan Bi ah rabiyyah di MSAA UIN Malang dilatarbelakangi oleh perlunya pembiasaan komunikasi dengan bahasa Arab bagi mahasantri atau para pengurus dan bahasa Arab adalah bahasa Internasional (2) tujuan diadakannya pengembangan Bi ah rabiyyah di MSAA UIN Malang adalah agar mahasantri bisa berbahasa Arab dengan lisan maupun tulis mencetak dai dan mahasantri bisa memahami kitab-kitab berbahasa Arab (3) sistim pengembangan Bi ah rabiyyah di MSAA UIN Malang adalah Ta aruf Ma hady Ta lim Al-Afkar Al-Islamiyyah Ta lim Al-Quran pemberian plakat layanan kebahasaan pemberian materi dan kosa kata bahasa asing memberlakukan wajib bahasa Arab bagi semua penghuni ma had menghadirkan penutur asli (4) aktifitas- aktifitas dalam mengembangkan Bi ah rabiyyah adalah Shobahul lughah pelayanan konsultasi bahasa Al-yaum al-araby Al-Musabaqoh Al-Arabiyyah (5) faktor pendukungnya adalah UIN Malang mewajibkan mahasiswa baru mengikuti program kusus pengembangan bahasa Arab (PKBA) selama satu tahun bimbingan bahasa arab adanya plakat-plakat pesantren menggunakan bahasa Arab motivasi tinggi adanya kultum bahasa sehabis shalat lima waktu adanya muharrikullughah (penggerak bahasa) dan adanya SAC (self acess center). Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang ketatnya peraturan terbatasnya daerah bahasa Arab latar belakang mahasantri yang berbeda-beda kurangnya kesadaran diri para mahasantri waktu yang sangat sempit kurangnya pantauan dari para pengurus dan kurangnya peran dewan kiai dalam aplikasi bahasa. Mengingat pentingnya penguasaan terhadap bahasa Arab bagi mahasantri yang ada di MSAA UIN Malang disarankan agar selalu bersadarkan diri untuk selalu bersungguh-sungguh dalam belajar bahasa Arab dan melaksanakan Bi ah rabiyyah dengan baik. Dan disarankan untuk semua kegiatan yang ada sebaiknya di lestarikan dan di tingkatkan untuk lebih sempurna. Untuk para pembina MSAA UIN Malang disarankan agar tetap mempertahankan dan meningkatkan keberadaan Bi ah rabiyyah yang selama ini berjalan Para dosen khususnya dosen bahasa Arab disarankan ikut berperan dalam pengembangan bahasa Arab dan Bi ah rabiyyah dimanapun berada Para pengurus asrama untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh ma had Para asatidz yang mengajarkan bahasa Arab disarankan untuk lebih mengoptimalkan media dan menerapkan berbagai variasi dalam pembelajaran bahasa Arab Adanya penelitian lanjutan untuk mendukung gerakan pembudayaan bahasa Arab dibutuhkan teori-teori tentang teknik pengembangan. Peneliti sangat menyadari bahwa penelitian ini terdapat kekurangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11138

Actions (login required)

View Item View Item