Pengelolaan self-access center sebagai sarana belajar mandiri bahasa Arab di Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Eva Arianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan self-access center sebagai sarana belajar mandiri bahasa Arab di Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Eva Arianti

Eva Arianti (2009) Pengelolaan self-access center sebagai sarana belajar mandiri bahasa Arab di Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Eva Arianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan dalam melaksanakan program pendidikan tidak hanya bergantung pada program pendidikan itu sendiri atau penyediaan fasilitas lainnya tetapi juga ditentukan oleh bagaimana fasilitas-fasilitas yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan manajemen atau pengelolaan yaitu kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan. Keterampilan tersebut meliputi perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing) pengkoordinasian (coordinating) pengarahan (directing) pengawasan (controlling) dan penilaian (evaluating). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengelolaan ruangan Self-Access Center (SAC) JSA (2) pengelolaan sumber daya manusia SAC JSA (3) pengelolaan Perpustakaan SAC JSA (4) pengelolaan multimedia SAC JSA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan jawaban terhadap masalah yang diteliti dengan menggunakan rancangan kualitatif yang sesuai dengan masalah dan jenis data yang diperlukan. Prosedur yang ditempuh untuk memperoleh data adalah dengan menggunakan instrument penelitian yang berupa wawancara observasi dan telaah dokumen. Dalam penelitian ini analisa data dilakukan dengan langkah-langkah yaitu (1) identifikasi data (2) klasifikasi data (3) penyaringan data (4) dan penyimpulan. Dari hasil analisis data tersebut dihasilkan bahwa SAC JSA memerlukan sub-sub ruang untuk setiap kemahiran berbahasa Arab yaitu untuk memisahkan setiap kegiatan yang ada di SAC yaitu sub ruang untuk membaca sub ruang untuk mendengar dan sub ruang untuk melihat-mendengar. Hasil penelitian ini adalah bahwa pengelolaan SAC JSA meliputi (1) ruang SAC JSA yaitu menggunakan tiga ruang yaitu ruang kuliah SAC ruang perpustakaan SAC dan ruang multimedia SAC. Setiap ruangan dilengkapi dengan berbagai multimedia sebagai fasilitator untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab. Setiap ruangan terdapat aturan penggunaan fasilitas SAC JSA oleh setiap pengunjung. Dengan berbagai multimedia yang terdapat disetiap ruang menyebabkan tidak adanya kekhususan fungsi ruang (2) sumber daya manusia (pengelola) SAC JSA untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Arab mahasiswa Jurusan Sastra Arab salah satu cara yang digunakan Jurusan Sastra Arab adalah menciptakan bi ah Arabiyah (lingkungan ke-Araban) dengan mendirikan SAC. Untuk mendapatkan lingkungan yang kondusif belajar bahasa Arab maka diperlukan pengelola yang memiliki keterampilan teknis operasional multimedia dan kemahiran berbahasa Arab (3) perpustakaan SAC JSA yaitu perpustakaan perlu dilengkapi dengan beberapa komputer yang memuat maktabah syamilah yang terpisah dari komputer yang digunakan untuk mengetik atau akses internet. Hal tersebut dikhawatirkan akan mengganggu kegiatan utama di perpustakaan dan (4) multimedia SAC JSA berbagai multimedia yang terdapat di SAC membutuhkan ruang tersendiri. Multimedia yang ditempatkan di ruang dosen membuat mahasiswa merasa canggung untuk menggunakannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti memberikan beberapa saran kepada Jurusan Sastra Arab untuk lebih meningkatkan pengelolaan SAC yang meliputi (1) pengelolaan ruang SAC JSA hendaknya setiap ruang SAC memiliki sub-sub ruang untuk fungsi tertentu setiap kemahiran berbahasa (2) pengelolaan sumber daya manusia yaitu hendaknya Jurusan Sastra Arab lebih mendisiplinkan dosen yang bertugas di SAC dan personalia pengelola SAC (3) pengelolaan perpustakaan SAC yaitu disamping melengkapi koleksi bahan pustaka perpustakaan SAC Jurusan Sastra Arab juga perlu untuk memisahkan akses internet dari perpustakaan SAC dan (4) pengelolaan multimedia SAC yaitu membutuhkan ruang khusus untuk ruang multimedia. Hal tersebut perlu dilakukan agar tujuan penciptaan lingkungan ke-Araban untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab mahasiswa Jurusan Sastra Arab bisa tercapai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11127

Actions (login required)

View Item View Item