Model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman konsep permutasi dan kombinasi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Boyolangu / Mamuk Eko Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman konsep permutasi dan kombinasi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Boyolangu / Mamuk Eko Prasetyo

Mamuk Eko (2013) Model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman konsep permutasi dan kombinasi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Boyolangu / Mamuk Eko Prasetyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasetyo Mamuk. 2013. model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan pemahaman konsep permutasi dan kombinasi pada siswa kelas xi ips sma negeri 1 boyolangu. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si dan 2) Dr. Abdul Qohar. M.T. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif tipe STAD pemahaman konsep permutasi dan kombinasi. Pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah suatu rangkaian kegiatan pembelajaran siswa yang terbentuk menjadi kelompok-kelompok kecil dengan beranggotakan pada setiap kelompok 4 orang yang berkemampuan akademik berbeda dan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Setelah dilakukan penelitian menunjukkan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung dapat meningkatkan pemahaman konsep permutasi dan kombinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan pemahaman konsep permutasi dan kombinasi kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Rancangan dalam penelitian ini dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian menggunakan model yang dikembangkan Kemmis yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan (planning) tindakan (action) dan pengamatan (observasi). Dari hasil penelitian didapat bahwa langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep permutasi dan kombinasi terbagi dalam enam tahap. Pemahaman konsep pada materi permutasi dan kombinasi meningkat dengan ditunjukkan pada hasil akhir tindakan ketuntasan klasikal telah mencapai skor rata-rata tes siswa adalah 96.43% dan persentase siswa yang belum tuntas adalah 3.37%. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung pada kelas XI IPS1 semester ganjil tahun ajaran 2012-2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111225

Actions (login required)

View Item View Item