Using picture series to improve the eight graders' ability in writing narrative text at SMPK Sang Timur Malang / Paramitha Shintia Barends - Repositori Universitas Negeri Malang

Using picture series to improve the eight graders' ability in writing narrative text at SMPK Sang Timur Malang / Paramitha Shintia Barends

Barends, Paramitha Shintia (2014) Using picture series to improve the eight graders' ability in writing narrative text at SMPK Sang Timur Malang / Paramitha Shintia Barends. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Barends Paramitha Shintia. 2014. Penggunaan Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Naratif Siswa Kelas VIII-A di SMPK Sang Timur Malang. Jurusan Sastra Inggris Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.Johannes A. Prayoga M.Pd. M.Ed. Kata Kunci gambar berseri kemampuan menulis siswa teks naratif. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk membantu para siswa dalam menulis teks naratif yang lebih baik dengan menggunakan gambar berseri. Hasil penelitian pada tahap awal menunjukan bahwa hanya 25 siswa dari 34 siswa (73.52%) yang mencapai nilai diatas 70. Adapun gambar berseri yang digunakan dalam penelitian ini adalah sembilan sampai sepuluh gambar yang disusun secara kronologis dengan memberikan petunjuk sederhana untuk tiap-tiap gambar. Mereka dipilih berdasarkan kejelasan ukuran warna serta kerapian gambar yang disusun sehingga siswa bisa menangkap sebuah cerita berdasarkan gambar-gambar tersebut dengan mudah. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah tindakan kolaboratif yang terdiri dari satu siklus dimana untuk tiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Adapun tiap siklus mencankup tiga tahapan yakni pre-activity main-activity dan post-activity. Selain itu ada empat langkah yang harus peneliti lakukan dalam tindakan penelitian seperti plans (membuat rancangan proses pembelajaran menyiapkan materi dan media penelitian memilih instrumen penelitian dan menentukan kriteria kesuksesan) action (peneliti mulai melakukan rencananya yang terdapat didalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuatnya) observation (peneliti mengumpulkan data tentang beberapa kejadian yang terjadi selama melakukan tindakan dan mengamati process pembelajaran dan mencatat apakah setiap aktivitas yang direncanakan didalam rencana pelaksanaan pembelajaran telas dilakukan) dan reflection (data dianalis menggunakan cara sistematik dari analisa dan tafsiran menurut kriteria kesuksesan peneliti menggambarkan apa yang terjadi di tindakan sebelumnya jika hasil dari satu siklus dibawah kriteria kesuksesan maka peneliti harus melakukan siklus berikutnya ). 12288 12288 12288 12288 12288 Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A di SMPK Sang Timur Malang tahun ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rubrik penilaian menulis kuesioners lembar observasi catatan lapangan wawancara tes menulis dan survei. Data yang diperoleh dari kuesioners lembar observasi dan survei disajikan dalam bentuk tabel sedangkan data yang diperoleh dari catatan lapangan wawancara dan karangan siswa dianalisa dan disajikan secara deskriptif untuk menggambarkan keadaan kelas selama proses pembelajaran untuk mencatat interaksi antara guru dan siswa sebagaimana siswa beinteraksi dengan siswa selain itu hasilnya juga ditujukan untuk melihat peningkatan hasil siswa dalam menulis khususnya menulis teks naratif. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil analisa menunjukan bahwa gambar berseri sebagai media pembelajaran menbuat guru dan siswa paham bahwa media ini menarik efektif mudah dipahami dan yang hal terpenting adalah bahwa media ini dapat membantu siswa untuk memberi gambaran dengan mudah dalam menceritakan sebuah cerita dan mencapai prestasi yang lebih baik dalam menulis teks naratif. Media ini juga secara efektif mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif. Semua siswa telah mencapai kriteria kesuksesan yang ditentukan. 34 siswa (100%) mencapai nilai diatas 70. Selain itu ada 18 siswa dari 34 siswa (52.94%) menunjukan ketertarikan terhadap gambar berseri sebagai media pembelajaran ada 14 siswa dari 34 siswa (41.17%) merasakan bahwa gambar berseri bisa membantu mereka dalam menulis teks naratif dan ada 17 siswa dari 34 siswa (50%) menunjukan ketertarikan terhadap gambar berseri. 12288 12288 12288 12288 12288 Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat kepada para guru bahasa Inggris para siswa dan para peneliti yang lain. Kepada para guru bahasa Inggris mereka dapat menggunakan gambar berseri sebagai alternatif media dalam mengajar kemampuan menulis khususnya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif. Kepada para siswa mereka dapat dengan mudah menggali ide-ide mereka sehingga mereka menjadi lebih kreatif dan lebih mudah dalam menulis teks naratif. Dan kepada peneliti yang lain mereka dapat mempraktekkan pengetahuan mereka dalam melaksanakan penelitian lain yang berhubungan dengan penggunaan media yang tepat seperti gambar berseri dalam pembelajaran teks naratif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11119

Actions (login required)

View Item View Item