Using comic strips to improve the recount writing ability of eighth graders in SMPN 21 Malang /Anggun Angel Rosalina G.S - Repositori Universitas Negeri Malang

Using comic strips to improve the recount writing ability of eighth graders in SMPN 21 Malang /Anggun Angel Rosalina G.S

Rosaline GS, Anggun Angel (2012) Using comic strips to improve the recount writing ability of eighth graders in SMPN 21 Malang /Anggun Angel Rosalina G.S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci menulis komik strip. Ketrampilanmenulismerupakansalahsatuketerampilan yang tergolongsulitterutamabagisiswaSekolahMenengahPertama.Berdasarkanhasil PengamatanPendahuluan di kelas 8 di SMPN 21 Malang siswamengalami beberapamasalahpadakegiatanmenulis. Hasildaripengamatanpendahuluan tersebutdiketahuibahwatingkatkemampuanmenulissiswaberadapadatingkat fair . Hal inidikarenakanolehkegiatanbelajarmengajar yang monotondan rendahnyamotivasisiswapadapelajaranBahasaInggris terutamakegiatan menulis. Pengaplikasiankomik strips dipilihuntukmengatasimasalahsiswadalamkegiatanmenulis. PenelitianinimengadopsidesainPenelitianTindakanKelas (PTK).Penelitianinidilakukandalamduasiklus.Empatpertemuanpadasiklus 1 danlimapertemuanpadasiklus 2. Subyekpenelitianiniadalahsiswakelas VIII.1 SMPN 21 Malang tahunajaran2010/2011.Fokuspadapenelitianiniadalahnilaimenulissiswadanperilaku siswapadasaatpengaplikasiankomik strips. Instrumenyang dipakaidalampenelitianiniadalahrubrikpenilaianmenulis catatanlapangan ceklispengamatan panduanwawancara dankuisioner. Data yangdiperolehdianalisamelaluimetodekualitatif diinterpretasikanberdasarkan kriteriakesuksesan dandisajikansecaradeskriptif. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapengaplikasiankomik strips padakegiatanmenulismencapaikriteriakesuksesan. Nilai rata rata kelaspadakegiatanmenulismeningkatdarisiklus 1 kesiklus 2.Berdasarkannilai rata rata padakegiatanmenulis tingkatkemampuansiswadalamhalmenulismeningkatdaritingkat fair ketingkat good . Dan bahkanadabeberapasiswa yang mencapaitingkat excellent .Media yang digunakandalampenelitianiniadalahkomik strips. Berdasarkanhasilpadapenelitianini disimpulkanbahwapengaplikasiankomik strips dalamkegiatanmenulisdapatmeningkatkankemampuanmenulissiswadalamhalrelev ansiisi organisasidandiksi. Para siswajugamenunjukkanperilaku yang positifterhadappengaplikasiankomik strips padakegiatanmenulis. Di sampingitu pengaplikasiankomik strips padakegiatanmenulisjugamendapatkanrespon yang baikdarisiswamaupun guru kelasBahasaInggris. Disarankankepada guru BahasaInggrisuntukmenggunakankomik strips untukmeningkatkankemampuanmenulissiswa. Selainitu penelitiselanjutnyadiharapkanuntukmenggunakankomik strips padakelas yang berbedadanmenggunakan genre teksyang berbedauntukmengetahuiapakah strategy inidapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuansiswadalambelajarbahasaInggris

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11112

Actions (login required)

View Item View Item