Penerapan pembelajaran problem solving untuk memahamkan konsep penentuan jarak pada bangun ruang siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Selor / Saptono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran problem solving untuk memahamkan konsep penentuan jarak pada bangun ruang siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Selor / Saptono

UNSPECIFIED (2011) Penerapan pembelajaran problem solving untuk memahamkan konsep penentuan jarak pada bangun ruang siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Selor / Saptono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. dan (II) Dr. Hery Susanto Kata kunci jarak pada bangun ruang penyelesaian masalah polya berkelompok Jarak pada bangun ruang mempunyai peranan yang cukup penting dalam bidang matematika dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu penguasaan terhadap jarak pada bangun ruang perlu ditekankan pada siswa SMA. Meskipun demikian kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap jarak pada bangun ruang masih rendah. Siswa cenderung menghafal rumus jarak pada bangun ruang. Siswa tidak diberi kesempatan untuk menyelesaikan masalah sendiri dalam memperoleh rumus jarak pada bangun ruang. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun penguasaan siswa terhadap jarak pada bangun ruang melalui metode penyelesaian Masalah Polya berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran problem solving yang dapat memahamkan konsep penentuan jarak pada bangun ruang pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Selor dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran Penyelesaian Masalah Polya berkelompok pada konsep jarak pada bangun ruang bagi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Selor Tahun pembelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Selor Tahun pembelajaran 2010/2011. Subyek wawancara 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subyek wawancara berdasarkan hasil tes prasyarat dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut mudah diajak komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran Problem Solving yang dapat memahamkan konsep penentuan jarak pada bangun ruang pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Selor Tahun pembelajaran 2010/2011 adalah Pembelajaran Problem Solving model Polya berkelompok yang terbagi dalam tiga tahap pembelajaran yaitu (1) tahap awal meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran memotivasi siswa tentang pentingnya pembelajaran jarak pada bangun ruang mengingatkan kembali materi prasyarat pembentukan kelompok dan pemberian alat peraga (2) tahap inti yang meliputi 4 langkah Polya dan pelaksanaan investigasi oleh kelompok dan presentasi hasil diskusi dan (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan evaluasi. Respon siswa terhadap pembelajaran penyelesaian masalah Polya berkelompok pada materi jarak pada bangun ruang sangat positif. Berdasarkan penelitian ini maka bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan pada sekolah yang lain sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektifitas pembelajaran penyelesaian masalah Polya berkelompok pada materi jarak pada bangun ruang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111113

Actions (login required)

View Item View Item