Sriyanti (2010) Penerapan strategi inkuiri sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Parepare / Sriyanti Mustafa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Strategi Inkuiri Hasil Belajar Matematika Pembelajaran dengan strategi inkuiri menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Proses belajar ini dapat membentuk dan mengembangkan konsep diri pada siswa mengembangkan keterampilan intelektual berpikir kritis dan memecahkan masalah. Strategi inkuiri merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah. Dalam pembelajaran matematika strategi inkuiri memiliki 3 (tiga) karakteristik yaitu (1) partisipasi (2) investigasi dan (3) konstruksi pengetahuan. Partisipasi menekankan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran siswa tidak sekadar pasif menerima tetapi ikut berperan aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran di kelas. Investigasi merupakan proses penyelidikan yang dilakukan siswa terhadap masalah matematika mengumpulkan data (materi pendukung) dan mendiskusikan hasil yang diperoleh. Investigasi dapat dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. Konstruksi pengetahuan merupakan kegiatan membuat konjektur menganalisis masalah matematika dan melakukan diskusi ide. Ketiga karakteristik inilah yang secara operasional dirumuskan dalam langkah-langkah strategi inkuiri yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah langkah-langkah strategi inkuiri yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Parepare. Penelitian dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus (Planning Acting Observing Reflecting) dimana hasil belajar matematika siswa dikatakan meningkat apabila persentase aktivitas belajar siswa mengalami kemajuan dari satu Siklus ke Siklus selanjutnya dan tes hasil belajar siswa sekurang-kurangnya 85% dari keseluruhan siswa mendapatkan skor 8805 65. Sumber data diperoleh dari proses pembelajaran berupa aktivitas dan tes hasil belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 4 Parepare semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010. Untuk menggali informasi siswa tentang strategi inkuri yang diterapkan dalam pembelajaran matematika maka dipilih 3 (tiga) orang siswa yang akan diwawancarai. Adapun perangkat pembelajaran yang digunakan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) sedangkan instrumen penunjang berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru lembar tes dan lembar wawancara. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Dari hasil penelitian pada Siklus I persentase aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup yaitu 78 18% dan persentase hasil tes belajar matematika siswa sebesar 45 71% sedangkan pada Siklus II hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan yaitu persentase aktivitas siswa berada pada kategori baik yaitu 87 27% dan persentase tes hasil belajar sebesar 94 27%. Jadi aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 9 09% dan peningkatan tes hasil belajar sebesar 48 58%. Dengan demikian diperoleh langkah-langkah strategi inkuiri yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X1 SMA Negeri 4 Parepare yaitu (1) orientasi (2) merumuskan masalah (3) mengumpulkan data (bahan/materi penunjang) membaca dan memahami secara akurat (4) Membuat konjektur menganalisis dan menyajikan hasilnya (5) diskusi/komunikasi ide(pengecekan ulang) dan (6) membuat kesimpulan (pelaporan hasil).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/111073 |
Actions (login required)
View Item |