Penerapan pembelajaran kooperatif TPS (think pair share0 untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan afektif siswa kelas X TKJ B pada materi program lineardi SMK Negeri 8 Malang / Bambang Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif TPS (think pair share0 untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan afektif siswa kelas X TKJ B pada materi program lineardi SMK Negeri 8 Malang / Bambang Wahyudi

Bambang (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif TPS (think pair share0 untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan afektif siswa kelas X TKJ B pada materi program lineardi SMK Negeri 8 Malang / Bambang Wahyudi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) kemampuan kognitif kemampuan afektif Pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) merupakan pembelajaran yang bermanfaat untuk melatih siswa mengkonstruk kembali pengetahuan yang sudah mereka miliki. TPS memberikan waktu berpikir dan merespon serta saling membantu satu sama lain. TPS terdiri atas tiga tahapan inti yaitu think (berpikir) artinya siswa memikirkan secara individu suatu permasalahan pair (berpasangan) artinya secara berpasangan mendiskusikan jawaban sementara permasalahan dan share (berbagi) artinya siswa secara berpasangan berbagi pada seluruh kelas dan siswa lain menanggapi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Permasalahan yang ada di kelas X SMK Negeri 8 Malang khususnya di kelas X TKJ B adalah rendahnya kemampuan kognitif dan kemampuan afektif siswa dalam belajar matematika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut akan dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe TPS. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I menggunakan materi menentukan model matematika dari soal cerita (kalimat verbal) dan siklus II menggunakan materi menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan. Kemampuan kognitif siswa diukur dengan menggunakan tes yang berbentuk uraian. Tes dilaksanakan sebanyak tiga kali yaitu tes awal tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II. Untuk kemampuan afektif siswa diukur dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi kemampuan afektif siswa selama pembelajaran berlangsung dan angket afektif siswa. Data penelitian hasil tes dianalisis dengan cara menghitung rata-rata dan menghitung persentase peningkatannya. Untuk data penelitian hasil observasi dianalisis dengan cara menghitung skor yang dilanjutkan pada penentuan kategori yang dicapai dan mempersentase hasil peningkatannya. Sedangkan angket kemampuan afektif siswa dianalisis untuk mengetahui peningkatan kemampuan afektif siswa. Hasil penelitian menghasilkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif siswa. Adapun model pembelajaran yang dilaksanakan dalam pembelajran kooperatif tipe TPS mempunyai tiga tahap yaitu tahap pendahuluan tahap inti dan tahap penutup. Tahap inti dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah tahap think tahap pair dan tahap share. Dari model pembelajaran yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran koopertif tipe TPS dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan afektif siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningakatan tes awal dan tes akhir siklus I sebanyak 52 85% tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II sebanyak 28 63% dan tes awal dengan tes akhir siklus II sebanyak 81 48%. Dari hasil angket afektif siswa tersebut diperoleh hasil siswa dengan kategori sangat baik 22 22 % siswa dengan kategori baik 55 56% siswa dengan kategori kurang baik 22 22 % dan siswa dengan kategori tidak baik 0%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan sebaiknya pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dijadikan alternatif yang perlu dipertimbangkan dalam pembelajaran. Hal ini karena pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111072

Actions (login required)

View Item View Item