Folding back siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan masalah Persamaan garis Lurus dan Intervensinya / Farida Arifa Hayati

Hayati, Farida Arifa (2018) Folding back siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan masalah Persamaan garis Lurus dan Intervensinya / Farida Arifa Hayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Hayati, Farida Arifa. 2018. Folding Back Siswa Kelas VIII SMP dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Garis Lurus dan Intervensinya. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Edy Bambang Irawan, M. Pd., (2) Prof. Drs. Purwanto, Ph. D. Kata kunci : folding back, intervensi, persamaan garis lurus. Berdasarkan hasil tes studi pendahuluan yang diberikan kepada siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM diketahui bahwa pemahaman siswa tentang materi persamaan garis lurus kurang. Kurangnya pemahaman siswa dapat memicu terjadinya folding back. Folding back terjadi melalui intervensi invokatif, baik internal maupun eksternal. Intervensi invokatif internal berasal dari kesadaran diri siswa, sedangkan intervensi invokatif eksternal berasal dari peneliti. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian mengenai folding back siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM dalam menyelesaikan masalah garis lurus dan intervensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan folding back siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM dalam menyelesaikan masalah persamaan garis lurus dan intervensinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis naratif. Siswa dibedakan menjadi tiga kategori berdasarkan kemampuan akademik, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa dengan satu siswa dari masing-masing kategori tersebut, yaitu subjek kemampuan tinggi (ST), subjek kemampuan rendah (SS), dan subjek kemampuan rendah (SR). Data yang dikumpulkan meliputi: 1) data hasil validasi instrumen penelitian, 2) data hasil tes pemahaman matematis siswa, dan 3) data hasil rekaman wawancara. Data hasil validasi diperoleh melalui lembar validasi, sedangkan data folding back dan intervensinya diperoleh melalui tes pemahaman dan wawancara semi terstruktur. Selanjutnya, intervensi yang diberikan kepada masing-masing subjek diderskripsikan berdasarkan sumber intervensinya, sedangkan folding back dideskripsikan berdasarkan bentuk dan hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek mengalami folding back dalam menyelesaikan masalah persamaan garis lurus melalui intervensi. Berikut ini deskripsi folding back dari ketiga subjek dalam menyelesaikan masalah persamaan garis lurus dan intervensinya, (1) folding back melalui intervensi mandiri terjadi ketika subjek menerapkan konsep operasi aljabar, bilangan bulat, dan pecahan; (2) folding back melalui intervensi peneliti terjadi ketika subjek menentukan dua garis dikatakan sejajar, tegak lurus, atau tidak keduanya; (3) bentuk folding back mengumpulkan pada level yang lebih dalam terjadi pada level primitive knowing melibatkan pemahaman tentang konsep perkalian aljabar dan perkalian pecahan, dan (4) bentuk folding back bekerja pada level yang lebih dalam muncul ketika subjek mengonstruksi kembali pemahaman tentang hubungan gradien dua garis yang saling sejajar atau saling tegak lurus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111014

Actions (login required)

View Item View Item