Pradana, Irwan Yudha (2017) Pembelajaran metode penemuan terbimbing berbantuan sofware geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas 8 di SMP Negeri 4 Batu / Irwan Yudha Pradana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pradana Irwan Yudha.. 2017. Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing Berbatuan Software GeoGebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas 8 di SMP Negeri 4 Batu. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. II Dr. Sisworo S.Pd M.Si. Kata kunci penelitian tindakan kelas penemuan terbimbing pemahaman konsep gradien persamaan garis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran metode penemuan terbimbing berbantuan software GeoGebra yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Batu tentang gradien persamaan garis. Subjek penelitian adalah siswa kelas 8F SMP Negeri 4 Batu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Rancangan penelitian ini berdasarkan model Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart yang dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning) aksi/tindakan (acting) observasi (observasing) refleksi (reflecting). Deskripsi langkah-langkah pembelajaran metode penemuan terbimbing berbantuan software GeoGebra yang dapat meningkatkan pemahaman gradien persamaan garis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batu adalah sebagai berikut (a) Tahap Pendahuluan. Pada tahap ini peneliti menggali kemampuan awal siswa mereview pembelajaran sebelumnya dan menjelaskan tujuan pembelajaran pada siswa. (b) Tahap Terbuka. Pada tahap ini siswa melakukan percobaan yang ada dalam LKS mengamati hasil percobaan menggunakan bantuan software GeoGebra. Peneliti memberikan bimbingan terhadap permasalahan yang dialami siswa. Bimbingan yang diberikan berupa petunjuk penggunaan software GeoGebra dan mengarahkan siswa pada fokus permasalahan yang harus diamati. (c) Tahap Konvergen. Pada tahap ini siswa menarik kesimpulan dari hasil pengamatan yang diperoleh dari hasil percobaan menggunakan software GeoGebra. Peneliti memberikan bimbingan terhadap permasalahan yang dialami siswa. Bimbingan yang diberikan berupa petunjuk atau pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada penyelesaian masalah yang dihadapi siswa. (d) Tahap Verifikasi. Pada tahap ini siswa membuat contoh sendiri sesuai dengan hasil kesimpulannya dan menguji hasil kesimpulannya menggunakan software GeoGebra untuk memantapkan kesimpulan yang didapat. Peneliti memberikan bimbingan berupa variasi contoh yang lebih luas apabila kesimpulan yang didapat siswa belum mencakup seluruh kesimpulan. (e) Tahap Penutup. Pada tahap ini seluruh siswa secara bersama-sama menarik kesimpulan dari hasil percobaan yang dilakukan. Peneliti memberikan bimbingan berupa memberikan contoh atau pertanyaan agar kesimpulan yang didapat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hasil observasi aktivitas guru pada kegiatan pembelajaran pada siklus I mencapai skor 2 81 dengan kategori cukup baik mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 3 3 dengan kategori baik . Hasil observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan hasil skor pada siklus I mencapai 2 75 dengan kategori cukup baik dan pada siklus II menjadi 3 25 dengan kategori baik Hasil tes pemahaman gradien persamaan garis yang dilakukan pada siklus I ketuntasan klasikalnya mencapai 75 86% dengan siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 22 siswa. Terjadi peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan klasikal mencapai 79 31% dengan siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 23 siswa. Hal ini berarti terjadi peningkatan pemahaman gradien persamaan garis siswa dari siklus I ke siklus II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/111013 |
Actions (login required)
View Item |