Pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV) dengan pendekatan saintifik untuk SMP kelas VIII / Suci Wityastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV) dengan pendekatan saintifik untuk SMP kelas VIII / Suci Wityastuti

Wityastuti, Suci (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV) dengan pendekatan saintifik untuk SMP kelas VIII / Suci Wityastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wityastuti Suci. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV) dengan Pendekatan Saintifik untuk SMP Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Makbul Muksar S.P.d. M.Si. Kata kunci perangkat pembelajaran pendekatan saintifik persamaan linear dua variabel Pendekatan saintifik/ilmiah menjadikan siswa lebih aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya. Namun keberhasilan dan keefektifan suatu proses pembelajaran tidak semata-mata ditentukan oleh pendekatan yang digunakan. Guru hendaknya menyusun perangkat pembelajaran sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan. Banyak perangkat pembelajaran yang dibuat masih belum mengaktifkan siswa. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan perangkat pembelajaran materi persamaan linear dua variabel dengan pendekatan saintifik. Perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan kegiatan mengamati menanya menggali informasi mengasosiasi mengomunikasi. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan perangkat pembelajaran materi persamaan linear dua variabel dengan pendekatan saintifik yang valid praktis dan efektif. Model yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran dengan materi persamaan linear dua variabel (PLDV) ini menggunakan model Plomp. Menurut Plomp (dalam Hobri 2010 17) dalam mengembangkan media pembelajaran terdiri dari lima fase yaitu (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi/ konstruksi (4) fase tes evaluasi dan revisi. Dalam penelitian ini dilakukan tiga uji coba terhadap kualitas produk pengembangan yang terdiri dari uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan dua orang praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan melakukan uji coba produk pada 15 orang siswa kelas VII sebagai subjek uji coba yang diamati oleh satu orang praktisi dan satu orang observer. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 53 dan 3 55 (2) skor kepraktisan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 625 dan 3 65 dan (3) persentase siswa yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 75 adalah 93 3% pada kuis 1 93 3% pada kuis 2 93 3% pada kuis 3 dan 100% pada kuis 4. Dengan demikian perangkat pembelajaran materi persamaan linear dua variabel dengan pendekatan saintifik untuk SMP kelas VIII memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Meskipun perangkat pembelajaran telah dinyatakan kriteria valid praktis dan efektif revisi berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba tetap dilakukan untuk penyempurnaan produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111010

Actions (login required)

View Item View Item