Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa calon guru matematika FKIP Universitas Riau pada materi matriks / Rani Martalisa Taorina - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa calon guru matematika FKIP Universitas Riau pada materi matriks / Rani Martalisa Taorina

Taorina, Rani Martalisa (2019) Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa calon guru matematika FKIP Universitas Riau pada materi matriks / Rani Martalisa Taorina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Taorina Rani Martalisa. 2018. Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Calon Guru Matematika FKIP Universitas Riau pada Materi Matriks. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si. Ph.D (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata Kunci Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon guru matematika Matriks Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan perpaduan antara pengetahuan konten dan pengetahuan pedagogis. PCK merupakan pengetahuan tentang cara menyampaikan materi tertentu dengan cara tertentu agar materi tersebut mudah dipahami oleh siswa. Berbagai penelitian dan pengembangan tidak menetapkan defenisi yang universal untuk menjelaskan PCK namun konsep-konsep mengenai PCK terus berkembang dan memiliki dimensi penekanan yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini PCK didefenisikan sebagai pengetahuan khusus yang harus dimiliki guru tentang cara membelajarkan suatu materi sehingga dapat dipahami oleh siswa termasuk tentang cara melihat dan mengatasi miskonsepsi-miskonsepsi yang dialami siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa calon guru matematika FKIP Universitas Riau pada materi Matriks. Profil PCK dalam penelitian ini dilihat berdasarkan level PCK mahasiswa yang dikategorikan dalam tiga level yaitu level 1 (PCK rendah) level 2 (PCK sedang) dan level 3 (PCK tinggi). Subjek dalam penelitian ini adalah empat mahasiswa semester tujuh pendidikan matematika FKIP Universitas Riau yaitu satu subjek dengan PCK tinggi (S1) satu subjek dengan PCK sedang atas (S2) satu subjek dengan PCK sedang bawah (S3) dan satu subjek dengan PCK rendah (S4). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen Vignette dan instrumen CoRe dengan materi matriks dan kemudian dianalisis menggunakan rubrik indikator level PCK yang sudah di validasi. Berdasarkan temuan dan analisis data dapat diperoleh (1) Subjek dengan PCK tinggi (S1) memiliki pengetahuan konten yang baik dan pengetahuan pedagogik yang sangat baik sehingga mampu membentuk konseptualisasi pembelajaran yang jelas untuk membelajarkan materi matriks. Namun pada S1 ada ditemukan miskonsepsi. Aspek analisis miskonsepsi siswa aspek pertimbangan pemilihan konsep aspek identifikasi pengetahuan awal dan kemungkinan kesulitan siswa dan aspek pertimbangan pengelolaan pembelajaran berada pada level 2 sedangkan aspek identifikasi ide besar konsep aspek penentuan kedalaman dan keluasan materi serta aspek asesmen berada pada level 3 (2) Subjek dengan PCK sedang atas (S2) memiliki pengetahuan konten yang sangat baik dan pengetahuan pedagogik yang baik namun masih belum sepenuhnya mampu mengkonseptualisasi pembelajaran tiap pokok konsep materi matriks. Aspek identifikasi pengetahuan awal dan kemungkinan kesulitan belajar berada pada level 1 aspek asesmen berada pada level 2 sedangkan aspek analisis miskonsepsi siswa aspek identifikasi ide besar konsep aspek pertimbangan pemilihan konsep aspek vi penentuan kedalaman dan keluasan materi aspek pertimbangan pengelolaan pembelajaran berada pada level 3 (3) Subjek dengan PCK sedang bawah (S3) memiliki pengetahuan konten dan pengetahuan pedagogik pada materi matriks yang cukup baik namun masih mengalami miskonsepsi. Aspek penentuan kedalaman dan keluasan materi berada pada level 1 sedangkan aspek analisis miskonsepsi siswa aspek identifikasi ide besar konsep aspek pertimbangan pemilihan konsep aspek identifikasi pengetahuan awal dan kemungkinan kesulitan belajar aspek pertimbangan pengelolaan pembelajaran dan aspek asesmen berada pada level 2 (4) Subjek dengan PCK rendah (S4) memiliki pengetahuan konten yang rendah bahkan banyak mengalami miskonsepsi pada materi matriks. S4 juga memiliki pengetahuan pedagogik yang rendah sehingga bentuk konseptualisasi tiap pokok bahasan materi matriks masih sangat terbatas. Aspek pertimbangan pemilihan konsep aspek penentuan kedalaman dan keluasan materi aspek pertimbangan pengelolaan pembelajaran dan aspek asesmen berada pada level 1 sedangkan aspek analisis miskonsepsi siswa aspek identifikasi ide besar konsep dan aspek identifikasi pengetahuan awal dan kemungkinan kesulitan belajar berada pada level 2.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111002

Actions (login required)

View Item View Item