Profil pengetahuan konseptual dan prosedural mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Malang pada materi pecahan / Desma Rina - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pengetahuan konseptual dan prosedural mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Malang pada materi pecahan / Desma Rina

Rina, Desma (2019) Profil pengetahuan konseptual dan prosedural mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Malang pada materi pecahan / Desma Rina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Desma Rina. 2019. Profil Pengetahuan Konseptual dan Prosedural Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Malang pada Materi Pecahan. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negri Malang. Pembimbing (I) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si (II) Hery Susanto M.Si Kata Kunci Pengetahuan Konseptual Prosedural Calon Guru Sekolah Dasar Pecahan. Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional sedang menjadi sorotan karena hal ini berkaitan langsung dalam pelaksanaan pembelajaran. Kompetensi profesional menunjukan seorang guru harus memiliki pengetahuan konten atau Content Knowledge (CK) yang berupa konsep teori ide kerangka berfikir metode pembuktian dan bukti. Dalam penelitian kali ini peneliti tertarik untuk meneliti Content Knowledge (CK) berfokuskan pada pengetahuan konseptual dan prosedural matematika pada materi pecahan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya guru sekolah dasar untuk menyelesaikan masalah matematika khususnya pada materi pecahan untuk melihat faktor pengetahuan konseptual dan prosedural yang di miliki guru sekolah dasar maka dalam penelitian kali ini peneliti tertarik untuk meneliti Pengetahuan konseptual dan Prosedural mahasiswa calon guru Sekolah Dasar pada Materi Pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetehui profil pengetahuan konseptual dan prosedural mahasiswa calon guru sekolah dasar Universitas Muhammadyah Malang pada materi Pecahan. Profil pengetahuan konseptual dan prosedural dalam penelitian ini di lihat berdasarkan kemampuan masing-masing mahasiswa yang mewakili kategori kemampuan tinggi kemampuan sedang dan kemampuan rendah. instrumen pada penelitian ini ada dua yaitu instrumen utama adalah peneliti sedangkan instrumen pendukung adalah tes soal yang dapat mengungkapkan pengetahuan prosedural dan sesi wawancara akan mengungkapkan pengetahuan konseptual materi pecahan yang usdah di validasi. Berdasarkan temuan dan analisis data dapat di peroleh (1) Dapat di dekripsikan bahwa pengetahuan konseptual dan prosdural S1 cukup baik di tandai dengan S1 memiliki ide konsep dasar yang membantu S1 untuk menentukan konsep pecahan. Jawabannya berisi kesalahan kecil namun memuaskan dan jawaban mengandung sedikitnya 3 indikator pengtahuan konseptual subjek menyelesaikan solusi dengan memuaskan tetapi penjelasannya tidak jelas dan argumen terkadang tidak lengkap skema mungkin tidak cocok atau tidak jelas dia memahami ide-ide matematika yang mendasarinya dan menggunakannya secara efektif. (2) Dapat di dekripsikan bahwa pengetahuan konseptual dan prosdural S2 banyak mengalami miskonsepsi dimana S2 tidak mampu melakukan penalaran analogi dalam mengaitkan pengetahuan baru ke dalam pengetahuan lama yang telah ada. Miskonsepsi pada S2 terjadi karana pengetahuan konsep yang tidak stabil. Jawabannya berisi kesalahan kecil namun hampir memuaskan dan jawaban sedikitnya mengandung 2 indikator pengetahuan konseptual subjek mulai memecahkan masalah dengan benar tetapi subjek mungkin gagal menyelesaikannya Subjek mungkin mengabaikan aspek-aspek penting dari masalah dan gagal untuk menunjukkan pemahaman ide dan proses matematika subjek mungkin membuat kesalahan besar subjek mungkin gagal menggunakan istilah matematika jawabannya mungkin mencerminkan strategi yang tidak sesuai dalam proses pemecahan masalah. (3) Dapat didekripsikan bahwa pengetahuan konseptual dan prosedural S3 dapat di katagorikan conceptual errors S3 tidak memahami konsep secara utuh tentang pecahan yang direpresentasikan dalam menyelesaikan soal. Subjek memulai solusinya kemudian subjek gagal menyelesaikannya penjelasan dan klarifikasi tidak dimengerti sketsa mungkin tidak jelas dia tidak menunjukkan pemahaman masalah dia mungkin membuat banyak kesalahan perhitungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/111000

Actions (login required)

View Item View Item