Kontribusi Pemahaman tentang Perangkat Pembelajaran Terhadap Kepercayaan Diri dalam Mengajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi Pemahaman tentang Perangkat Pembelajaran Terhadap Kepercayaan Diri dalam Mengajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang

Triyandari, Yenny (2019) Kontribusi Pemahaman tentang Perangkat Pembelajaran Terhadap Kepercayaan Diri dalam Mengajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar-belakangi oleh mahasiswa sekaligus penulis pribadi yang memiliki kendala saat melaksanakan kegiatan praktik mengajar di sekolah,salah satunya yaitu kurangnya rasa percaya diri mahasiswa yang diakibatkan kurangnya pemahaman terkait perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam mengajar. Tujuan penelitian ini diantaranya; (1) mengetahui deskripsi pemahaman tentang perangkat pembelajaran mahasiswa PTI angkatan 2016; (2) mengetahui deskripsi kepercayaan diri dalam mengajar mahasiswa PTI angkatan 2016; (3) mengetahui hubungan antara pemahaman tentang perangkat pembelajaran dengan kepercayaan diri dalam mengajar mahasiswa PTI angkatan 2016; serta (4) mengetahui kontribusi pemahaman tentang perangkat pembelajaran terhadap kepercayaan diri dalam mengajar mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2016. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 responden yang diperoleh berdasarkan teknik simple random sampling.Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Mahasiswa yang memiliki pemahaman tentang perangkat pembelajaran sangat tinggi sebesar 43,2%, mahasiswa yang memiliki pemahaman tentang perangkat pembelajaran tinggi sebesar 52,7%, dan mahasiswa yang memiliki pemahaman rendah sebesar 4,1%, (2) mahasiswa memiliki kepercayaan diri dalam mengajar yang tinggi sebesar 94,6% dan mahasiswa memiliki kepercayaan diri dalam mengajar yang cukup tinggi sebesar 5,4%, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman tentang Perangkat Pembelajaran terhadap Kepercayaan Diri dalam Mengajar pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang, (4) kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 33,2% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Senayan Library Management System (SLiMS) Pendidikan Teknik Informatika
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 18 Oct 2022 06:19
Last Modified: 18 Oct 2022 06:19
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1110

Actions (login required)

View Item View Item