Scaffolding mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar / Ulvatun Niswah - Repositori Universitas Negeri Malang

Scaffolding mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar / Ulvatun Niswah

Niswah, Ulvatun (2020) Scaffolding mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar / Ulvatun Niswah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Niswah Ulvatun. 2019. Scaffolding Mahasiswa Pendidikan Matematika Terhadap Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdul Rahman As ari M.Pd M.A (II) Dr. Abd. Qohar M.T Kunci Scaffolding Mahasiswa Soal Aljabar. Berdasarkan pengalaman peneliti yang pernah menjadi observer pada saat KPL disekolah mahasiswa belum sepenuhnya mampu memberikan scaffoding kepada siswa untuk membantu mengatasi kesalahannya. Padahal sebagai calon guru mahasiswa wajib memiliki bekal agar nantinya mampu menyediakan dan mampu melaksanakan scaffolding kepada siswa dengan baik. Karena guru yang bertanggung jawab untuk meluruskan pemahaman siswa apabila siswa mengalami kesulitan demi tercapainya tujuan dari sebuah pembelajaran. Oleh karena itu penting untuk dilakukan penelitian yang mengkaji terkait bagaimana scaffolding mahasiswa pendidikan matematika terhadap kesalahan siswa karena mahasiswa di bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana scaffolding dari mahasiswa pendidikan matematika terhadap kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dilakukan dengan cara menganalisis data dari hasil tes tulis siswa pengamatan dari pelaksanaan scaffolding mahasiswa kepada siswa dan wawancara kepada mahasiswa terkait pelaksanaan scaffolding. Subjek penelitian ditentukan dengan cara meminta mahasiswa membuat rancangan scaffolding dalam mengatasi kesalahan siswa yang sebelumnya dipiih oleh peneliti. Kemudian rancangan yang dianggap sesuai dan baik akan dipilih menjadi subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMP LAB UM Malang. Berdasarkan hasil penelitian Pada saat perancanaan mahasiswa melakukan scaffolding level 1 environmental provisions yaitu menyiapkan lingkungan belajar yang kondusif dan menyiapkan alat yang akan digunakan untuk melakukan scaffolding yaitu berupa alat tulis kertas dan lembar jawaban siswa. Pada saat pelaksanaan scaffolding yang pertama kali dilakukan oleh mahasiswa merupakan scaffolding level 2 yaitu reviewing diberikan dengan cara meminta siswa untuk membaca ulang soal. Selain itu bentuk reviewing yang lain adalah dengan menggunakan pertanyaan pancingan untuk mengetahui pengetahuan awal siswa dan untuk mengungkap ide siswa dalam menuliskan jawaban yang diperoleh dengan cara coba-coba. Selain reviewing mahasiswa juga memberikan explaining dengan membacakan ulang soal dan memberikan penekanan pada informasi-informasi yang penting yang tujuannya adalah agar siswa lebih memahami hubungan antara informasi informasi yang diketahui dan yang ditanyakan dengan harapan siswa mampu memahami bahwa soal tersebut merupakan aplikasi dari materi SPLDV dan dengan begitu mampu memilih prosedur yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Mahasiswa juga memberikan restructuring yang bertujuan untuk agar siswa mampu melakukan refleksi dan klarifikasi atas jawaban yang dituliskannya. Selain itu restructuring yang diberikan mahasiswa kepada siswa adalah berupa pemberian contoh masalah yang lebih mudah yang berkaitan dengan masalah sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110998

Actions (login required)

View Item View Item