Penggunaan bansho untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa / Basuki Rahmat

Rahmat, Basuki (2019) Penggunaan bansho untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa / Basuki Rahmat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmat, Basuki. 2014. Penggunaan Bansho untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudirman, M. Si (II) Dr. Makbul Muksar, M. Si Kata kunci: Pemecahan masalah terstruktur, Bansho, pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menggunakan bansho yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Kristen Santa Maria 2 Malang. Subyek ini dipilih karena siswa tidak memahami materi lingkaran. Selain itu siswanya juga tergolong berkemampuan heterogen sehingga berguna bagi pengelompokan. Data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil tes akhir siklus. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran pemecahan masalah terstruktur tiga tahap yaitu sebelum, selama, dan sesudah dan dipadukan dengan penggunaan Bansho. Tahap sebelum memuat aktivitas (1) mengaktivasi pengetahuan dan pengalaman siswa dengan menggunakan suatu masalah yang secara langsung berhubungan dengan tujuan pembelajaran, masalah ditulis pada kertas besar kemudian ditempel pada papan bagian kiri atas, (2) mencatat respon siswa pada masalah tersebut dalam bentuk ide-ide atau strategi-strategi kunci dan mencatatnya pada papan di bawah masalah, (3) tulis tugas siswa terkait dengan masalah pada papan bagian tengah atas, (4) memotivasi siswa untuk mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dan mencatat pada papan bagian kiri di bawah masalah sebagai petunjuk. Tahap selama memuat aktivitas (1) meminta siswa menyelesaikan masalah dan mencatat pada kertas menggunakan spidol sehingga pekerjaan mereka terlihat untuk seluruh kelas ketika ditampilkan, (2) selama siswa bekerja, guru memfasilitasi diskusi diantara siswa dan mengamati / mencatat solusi siswa yang berbeda dalam mengantisipasi bagian akhir pembelajaran. Tahap setelah memuat aktivitas (1) menampilkan pada papan semua penyelesaian siswa yang sudah ditulis pada kertas besar untuk analisis dan diskusi kelas dalam satu baris (menyamping) berdasarkan hubungan antara solusi tersebut dengan tujuan pembelajaran, letak kertas penyelesaian siswa berada dibagian bawah papan dari kiri ke kanan (2) meminta siswa menjelaskan dan mendiskusikan solusi mereka dengan teman mereka, guru bertindak sebagai fasilitator dan penguat pendapat sehingga diperoleh kesimpulan pembelajaran. (3) membuat kesimpulan pembelajaran dan menuliskannya pada papan bagian tengah di antara tugas siswa dan hasil kerja siswa, (4) memilih satu atau dua soal yang sama dengan masalah pembelajaran untuk diselesaikan siswa secara individu dan atau berpasangan sebagai latihan dan ditulis pada papan bagian kanan atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Bansho dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi lingkaran. Hal ini dapat dilihat pada hasil tes akhir siklus yaitu siswa yang mendapat nilai >75 sebanyak 24 dari 34 siswa (70,6% dari seluruh siswa).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110995

Actions (login required)

View Item View Item