Pengembangan modul matrikulasi pelajaran matematika untuk siswa baru SMA Al Azhaar Tulungagung / Nurdin Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul matrikulasi pelajaran matematika untuk siswa baru SMA Al Azhaar Tulungagung / Nurdin Wahyudi

Wahyudi, Nurdin (2020) Pengembangan modul matrikulasi pelajaran matematika untuk siswa baru SMA Al Azhaar Tulungagung / Nurdin Wahyudi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wahyudi Nurdin. 2019. Pengembangan Modul Matrikulasi Pelajaran Matematika Untuk Siswa Baru SMA Al Azhaar Tulungagung Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. (II) Dr. Abd. Qohar M.T. Kata kunci matrikulasi modul matematika konsep operasi bilangan bulat aljabar. Guru yang mengampu pembelajaran Matematika pada siswa baru yang masuk di sebuah jenjang pendidikan sering menghadapi kemampuan siswa yang beragam atau bahkan rendah. Kemampuan beragam atau rendah tersebut bukan hanya berasal dari kecepatan dan ketepatan bekerja tetapi juga pada pemahaman konsep. Keberagaman ini sering menyulitkan proses pembelajaran berikutnya atau menjadi kendala untuk dasar mata pelajaran lain. Mengerti atau memahami materi matematika menjadi penting yang memungkinkan siswa akan dapat memecahkan jenis masalah baru yang dihadapi di masa depan atau pada materi/pelajaran lain. Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa untuk (1) menjelaskan konsep siswa mampu mengungkapkan kembali apa yang telah diterimanya (2) menggunakan konsep pada berbagai situasi dan kondisi yang berbeda dan membutuhkan dan (3) mengembangkan akibat dari adanya suatu konsep yaitu siswa mempunyai kemampuan menyelesaikan masalah dengan benar sesuai konsep-konsep pembangunnya. Sekolah atau guru dapat menerapkan matrikulasi pelajaran matematika untuk siswa baru pada masa orientasi siswa dengan melakukan langkah-langkah observasi kemampuan dasar yang sudah atau belum dimiliki siswa membangun percepatan pemahaman materi yang diperlukan dengan modul belajar mandiri dan melakukan evaluasi pemahaman yang harusnya dimiliki. Tujuan Pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan belajar mandiri materi matematika pada siswa baru (kelas X) di SMA Al Azhaar Tulungagung. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R D). Modul yang valid dan praktis dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Berdasarkan hasil validasi ahli yang telah diuraikan semua aspek penilaian modul yang meliputi aspek materi aspek penyajian aspek bahasa dan aspek keterkaitan materi dapat disimpulkan bahwa modul itu praktis dan valid dari sisi materi sebesar 4 31 dan kevalidan sebagai media belajar 4 25. Sementara itu berdasarkan hasi uji coba dapat disimpulkan bahwa modul menarik bagi siswa dan mudah dipahami dengan tingkat rata-rata pendapat siswa sebesar 3 77. Materi yang disajikan adalah pada materi operasi dasar bilangan bulat dan materi aljabar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110993

Actions (login required)

View Item View Item