Rahmad, Fajar Maulana (2020) Defragmentasi struktur berpikir berdasarkan mind-map untuk mengatasi kesalahan siswa dalam pemecahan masalah SPLDV / Fajar maulana Rahmad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rahmad Fajar Maulana. 2019. Defragmentasi Struktur Berpikir berdasarkan Mind-map untuk Mengatasi Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah SPLDV. Tesis Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Purwanto Ph.D. (II) Dr. Sukoriyanto M.Si. Kata kunci Defragmentasi Pemecahan Masalah Struktur Berpikir SPLDV Tahapan Polya Siswa di SMP PGRI I Wagir mengalami kesalahan pada pemecahan masalah SPLDV. Siswa mengalami kesalahan prosedur pemecahan masalah saat melakukan eliminasi siswa tidak menuliskan variabel sehingga mendapatkan hasil yang tidak sesuai. Kesalahan semacam ini perlu diteliti karena dapat berdampak pada pemecahan masalah matematika yang lainnya. Proses defragmentasi pada struktur berpikir siswa diharapkan mampu mengatasi masalah tersebut. Sehingga diperlukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan defragmentasi struktur berpikir untuk mengatasi kesalahan siswa dalam pemecahan masalah SPLDV. Metode Penelitian adalah kualitatif deskriptif dan melibatkan siswa kelas IX SMP PGRI I Wagir yang telah menerima materi SPLDV. Subjek penelitian dipilih dengan mempertimbangkan kemampuan matematis siswa. Pemilihan subjek juga mempertimbangkan kelengkapan jawaban siswa dan kemampuan komunikasi siswa. Terpilih enam siswa sebagai subjek penelitian dengan dua siswa berkemampuan rendah dua siswa berkemampuan sedang dan dua siswa berkemampuan tinggi. Data yang diperoleh dalam penelitian berupa deskripsi kesalahan siswa dari hasil tes dan proses defragmentasi struktur berpikir berdasarkan mind-map. Data penelitian ini adalah hasil tes wawancara dan mind-map sebelum dan sesudah proses defragmentasi. Instrumen penelitian ini adalah soal tes pedoman wawancara dan mind-map. Defragmentasi struktur berpikir berdasarkan Mind-Map dapat mengatasi kesalahan siswa dalam pemecahan masalah SPLDV. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan struktur berpikir siswa menjadi struktur berpikir yang benar di mana saat sebelum defragmentasi siswa mengalami kesalahan dan tidak lengkap pada struktur penyelesaian berdasarkan tahapan penyelesaian Polya. Defragmentasi yang dilaksanakan pada tahap memahami masalah yaitu (1) Scaffolding berupa pemberian materi analogi matematis bilangan bulat. (2) Scaffolding berupa pemberian materi mengenai penggunaan variabel dalam analogi matematis. Defragmentasi yang dilaksanakan pada tahap merancang penyelesaian masalah yaitu (1) Conflict cognitive berupa pertanyaan apabila memodelkan matematika seperti yang tertulis dapat menemukan tujuan dari penyelesaian masalah. (2) Scaffolding berupa pemberian materi bentuk umum SPLDV. Defragmentasi yang dilaksanakan pada tahap melaksanakan penyelesaian masalah yaitu (1) Scaffolding berupa pemberian materi koefisien konstanta dan variabel. (2) Scaffolding berupa pemberian materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan koefisien pada aljabar. (3) Scaffolding berupa pemberian materi operasi pembagian koefisien dan konstanta pada aljabar. Defragmentasi yang dilaksanakan pada tahap memeriksa kembali hasil dan prosedur penyelesaian yaitu (1) Conflict Cognitive berupa pertanyaan alasan mengenai kebenaran prosedur dan hasil penyelesaian. (2) Scaffolding berupa pemberian materi mengenai kegunaan informasi pada masalah. (3) Disequilibrate berupa pertanyaan mengenai langkah yang digunakan untuk memanfaatkan informasi pada masalah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |