Keterampilan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah dan upaya scaffoldingnya / Madya Vica Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterampilan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah dan upaya scaffoldingnya / Madya Vica Anggraini

Anggraini, Madya Vica (2020) Keterampilan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah dan upaya scaffoldingnya / Madya Vica Anggraini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anggraini Madya Vica. 2019. Keterampilan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah dan Upaya Scaffoldingnya. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.rer.nat. I Made Sulandra M.Si. (II) Dr. Susiswo M.Si. Kata Kunci SPLKDV keterampilan berpikir kritis scaffolding. Masalah matematika sering menjadi kesulitan siswa dalam mengerjakan. Siswa cenderung lebih mudah menyesaikan soal dengan prosedur penyelesaian daripada menyelesaikan masalah yang tidak mempunyai prosedur penyelesaian. Pada studi pendahuluan ditemukan bahwa siswa kelas X mampu menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat Dua Variabel (SPLKDV) namun tidak mampu menyelesaikan masalah SPLKDV. Salah satu tindakan untuk membantu siswa menyelesaikan masalah adalah scaffolding. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat Dua Variabel dan mendeskripsikan scaffolding yang diperlukan untuk membantu siswa dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat Dua Variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama dan didukung oleh instrumen lainnya antara lain 1) tes pertama dan tes kedua serta 2) pedoman scaffolding. Data dari penelitian ini berasal dari lembar jawaban siswa dan transkrip saat pemberian scaffolding. Subjek penelitian ini adalah 3 dari 30 siswa. Tiga subjek ini dipilih dari tiga kategori subketerampilan berpikir kritis yang berbeda yakni interpretasi analisis dan evaluasi. Hasil tes pertama menunjukkan bahwa pada subketerampilan interpretasi siswa kurang mampu menuliskan/menggambarkan permasalahan secara geometri/aljabar dan belum mampu menuliskan apa yang ditanya dengan bahasa sendiri. Pada subketerampilan analasis siswa kurang mampu menuliskan hubungan antara pernyataan pertanyaan dengan konsep yang digunakan serta memunculkan ide penyelesaian. Pada subketerampilan evaluasi siswa kurang mampu menyelesaian ide penyelesaian. Selanjutnya peneliti memberikan scaffolding berupa look touch and verbalise what they see and think explain and justify interpreting student s actions and talks probing and probing questions simplying the pr oblem dan rephrashing student talks. Hasil tes kedua menunjukkan perkembangan siswa pada subketerampilan interpretasi analisis dan evaluasi. Pada subketerampilan inferensi siswa tidak mampu menuliskan bukti atas keraguan jawaban dan kurang mampu menuliskan kesimpulan dengan jelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110988

Actions (login required)

View Item View Item