Penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Gajah Mada Banyuwangi / Eko Prasetyo

Prasetyo, Eko (2020) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Gajah Mada Banyuwangi / Eko Prasetyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prasetyo, Eko. 2019. PenerapanPembelajaranKooperatifdenganPendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) untukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelas X SMK Gajah MadaBanyuwangi. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Matematika, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Susiswo, M.Si. (II) Dr. Erry Hidayanto, M. Si. Kata kunci: pembelajarankooperatif, pendekatan SAVI, hasilbelajarsiswa. Berdasarkanpengalamanpeneliti, hasilbelajarsiswakelas X SMK Gajah MadaBanyuwangikhususnyapadamateri limit fungsialjabarpadatahunajaransebelumnyabelummencapaiketuntasanklasikal.Olehkarenanya, diperlukansuatuusahauntukmenyelesaikanmasalahtersebutdengansuatupenerapan model pembelajarantertentu.Pembelajarankooperatifdenganpendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) dipandangsebagaisalahsatu model pembelajaran yang dapatdigunakanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifdenganpendekatan SAVI yang dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifdenganpendekatan SAVI sudahdilaksanakandenganbaik.Pembelajarankooperatifdenganpendekatan SAVI dilaksanakanmelaluibeberapatahapan, yaitutahapanpersiapan, tahapanpenyampaianinformasi, tahapanpelatihandantahapanpenampilanhasil.Padatahapanpersiapan, penelitimembangkitkanminatsiswadenganmemberikansugestipositif, menyampaikantujuanpembelajarandanmengajaksiswaterlibataktifdalampembelajaran.Padatahapanpenyampaianinformasi, penelitimenyajikanilustrasimasalahberupagambar, mengajaksiswauntukmengamatigambarsertamembangkitkan rasa ingintahusiswadengantanyajawab. Selanjutnyapadatahapanpelatihan, penelitimembagikanalatperagadan LKS kepadakelompoksiswa, mendorongsiswauntukmenggunakanalatperagabersama, membimbingsiswa yang mengalamikesulitandanmendorongsiswauntukbekerjasamadalamkelompok. Padatahapan yang terakhiryaitutahapanpenampilanhasil, penelitimemintaseluruhkelompokuntukmenyajikanhasilpekerjaannyadi depankelasdanditanggapiolehkelompoklainnya. Penelitimemberikanpenghargaankepadakelompokatashasilpekerjaan yang sudahdikerjakan. Hasilpenelitianjugamenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifdenganpendekatan SAVI terbuktidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Berdasarkanhasiltesakhirtiapsiklus, persentaseketuntasanbelajarklasikalpadasiklus I sebesar 73%, sedangkanpadasiklus II, persentaseketuntasanbelajarklasikalnaikmenjadi 80%.Aktivitas guru dansiswajugameningkat.Persentaseaktivitas guru padasiklus I adalah 80%, sedangkanpadasiklus II naikmenjadi 92%.Persentaseaktivitassiswapadasiklus I sebesar 73% danpadasiklus II naikmenjadi 80%.Dengandemikian, penerapanpembelajarankooperatifdenganpendekatan SAVI dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110985

Actions (login required)

View Item View Item