Analisis kemampuan berpikir kritis siswa berkecerdasan logis matematis dalam menilai argumen jawaban terhadap soal segiempat / Rizki Fitrah Zolanda

Zolanda, Rizki Fitrah (2020) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa berkecerdasan logis matematis dalam menilai argumen jawaban terhadap soal segiempat / Rizki Fitrah Zolanda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zolanda, R.F. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berkecerdasan Logis Matematis Dalam Menilai Argumen Jawaban Terhadap Soal Segiempat. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Abdur Rahman As’ari, M.Pd, M.A., (II) Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph.D. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, kecerdasan logis matematis, menilai argumen, segiempat. Berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh siswa. Salah satu hal yang mempengaruhi berpikir kritis siswa dalah kecerdasan. Kecerdasan logis matematis merupakan kecerdasan yang erat kaitannya dengan matematika dan merupakan kecerdasan yang dibutuhkan saat menyelesaikan masalah matematis. Salah satu indikator untuk dapat mengukur berpikir kritis adalah menilai argumen. Kemampuan menilai argumen sangat dibutuhkan di era sekarang karena mudahnya untuk mendapatkan informasi tetapi tidak tahu kejelasannya. Siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis biasanya mampu untuk menyelesaikan masalah matematis dengan baik yakni pada tingkatan pemahaman, sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa jika diberikan soal pada level kognitif yang lebih tinggi yakni meminta untuk menilai argumen terhadap jawaban-jawaban soal yang telah ada. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A SMP PPDU Kota Malang dengan 2 subjek berkecerdasan logis matematis yang diambil dari 33 siswa. Pemilihan subjek penelitian dengan menggunakan instrumen tes MIR dan soal tes. Penelitian ini bertujuan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa berkecerdasan logis matematis dalam menilai argumen jawaban terhadap soal segiempat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes MIR, soal tes, dan pedoman wawancara. Kemampuan berpikir kritis subjek dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan enam kriteria berpikir kritis yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa berkecerdasan logis matematis dalam menilai argumen jawaban terhadap soal yakni : 1) Pada kriteria focus, siswa dapat menemukan poin-poin penting yang ada pada soal dengan menuliskan yang diketahui dan ditanyakan; 2) Pada kriteria reason, siswa dapat memberikan alasan yang tepat dan masuk akal terhadap argumen jawaban yang benar dan argument jawaban yang salah untuk mendukung kesimpulan yang dibuat; 3) Pada kriteria inference, siswa mampu mengaitkan antara informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan alasan yang telah ia buat serta mampu memberikan alasan pada tiap langkah penyelesaian yang disepakati; 4)Pada kriteria situation, siswa dapat menggunakan seluruh informasi yang ada pada soal untuk menilai beberapa argumen jawaban sesuai dengan situasi soal. Selain itu siswa juga dapat memahami situasi soal yakni mengaitkan antara poin-poin penting, alasan untuk mendukung kesimpulan, dan menyimpulkan dengan alasan yang logis pada tiap langkah argument yang benar; 5)Pada kriteria clarity, siswa mampu memberikan penjelasan dari argument jawaban yang benar dan penjelasan dari jawaban yang dituliskan; 6)Pada kriteria overview, siswa mampu melakukan pengecekan kembali secara reflektif terhadap penilaian argumen yang telah dilakukan mulai dari mengidentifikasi poin-poin penting hingga penjelasan terhadap jawaban yang dituliskan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110984

Actions (login required)

View Item View Item