Pengembangan komik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa / Erlanda Nathasia Subroto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa / Erlanda Nathasia Subroto

Subroto, Erlanda Nathasia (2019) Pengembangan komik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa / Erlanda Nathasia Subroto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Subroto Erlanda Nathasia. 2019. Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Tesis. Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abdul Qohar M.T. (2) Drs. Dwiyana M.Pd. P.hD. Kata Kunci komik media pembelajaran representasi matematis. Adanya media dalam pembelajaran merupakan suatu strategi yang dapat digunakan untuk mempertinggi proses belajar sehingga hasil belajar siswa meningkat. Namun berdasarkan observasi di SMP Shalahuddin Malang pada saat dilakukan wawancara tidak terstruktur ditemukan bahwa media pembelajaran hanya digunakan pada materi tertentu saja sedangkan untuk materi yang dianggap sulit oleh siswa tidak menggunakan media pembelajaran. Dampak dari tidak adanya media dalam pembelajaran siswa tidak bisa menyelesaikan soal pada materi SPLDV dikarenakan kemampuan representasinya yang belum cukup. Sebagai tindak lanjut dari permasalahan tersebut maka diberikan suatu solusi adanya media untuk materi SPLDV yaitu komik berwarna. Pemilihan komik tersebut berdasarkan penyebaran angket dan diperoleh sebanyak 24 dari 28 siswa setuju komik digunakan sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan suatu media pembelajaran berupa komik yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang telah dikembangkan oleh Sugiyono dan dimodifikasi yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk (6) uji coba produk dan (7) revisi produk. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu (1) lembar angket validasi (2) lembar angket respon siswa dan (3) lembar tes kemampuan representasi. Kevalidan media yang dibuat dinilai berdasarkan hasil validasi yang diberikan kepada ahli (validasi materi dan pembelajaran validasi bahasa validasi desain dan validasi tes akhir). Kepraktisan media yang dibuat dinilai berdasarkan hasil respon siswa dan keefektifan media yang dibuat dinilai berdasarkan hasil persentase peningkatan kemampuan representasi siswa dan ketuntasan klasikal siswa. Hasil uji kevalidan dari ahli yaitu (1) materi dan pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3 83 (2) bahasa memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4 (3) lembar tes akhir siswa memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3 93 dan (4) desain memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3 87. Maka berdasarkan hasil uji kevalidan tersebut maka media dapat dikatakan valid. Hasil kepraktisan yang diperoleh dari lembar angket respon yang diberikan kepada siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 83 5% sehingga dapat dikatakan bahwa media tersebut praktis. Hasil uji keefektifan diperoleh persentase peningkatan kemampuan representasi siswa sebesar 70% dan ketuntasan klasikal siswa 100% sehingga dapat dikatakan bawa media efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110977

Actions (login required)

View Item View Item