Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII / Susi Andriani

Andriani, Susi (2019) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII / Susi Andriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Andriani, S. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Tjang Daniel C, M.Si, Ph.D (2) Dr. Hendro Permadi, M.Si Kata kunci: Kesalahan, Aritmatika Sosial, Gaya Kognitif. Belajar matematika merupakan proses berfikir siswa untuk memahami suatu konsep. Belajar matematika tidak hanya untuk memahami konsep yang dipelajari saat itu, tetapi berusaha mencari pengalaman matematika dengan menggunakan konsep dalam penyelesaian masalah. Penyelesaian masalah matematika merupakan kompetensi dasar yang wajib dimiliki oleh siswa, dan prosesnya untuk menentukan suatu solusi dari suatu masalah, Tetapi dalam menyajikan solusi penyelesaian masalah matematis siswa banyak mengalami kesulitan. Kesulitan siswa dalam masalah matematika mengakibatkan terjadi kesalahan dalam proses penyelesainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Aritmatika Sosial ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian jenis deskriptif. Lokasi penelitian diadakan di MTsN 2 TULUNGAGUNG pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, penentuan subjek penelitian beberapa siswa yang mengalami kesalahan dalam pemecahan masalah bedasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent, yang masing-masing terdiri dari dua siswa. hasil analisis dan hasil pembahasan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Jenis – jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek Field Independent dan Field Dependent yaitu mengalami 4 kesalahan dari prosedur Newman yaitu mulai dari kesalahan no (2) kesalahan memahami soal (comprehension error) (3) kesalahan transformasi (transformation error) (4) kesalahan dalam proses (proses skill error) (5) kesalahan dalam notasi dan penulisan jawaban (encoding error). (2) Jenis kesalahan Field Independent pada S1 soal no 1 yaitu tidak dapat memahami soal sehingga pada langkah selanjutnya mengakibatkan mengalami kesalahan juga dan untuk soal no 2 S1 mampu memahami soal sampai dengan memilih rumus yang tepat dan melakukan langkah perhitungan tetapi waktu melakukan langkah perhitungan yang terakhir S1 ini mengalami kecerobohan dalam menghitung karena kurang ketelitian tetapi saat diwawancara dia bisa menjawab dan menemukan jawaban akhir dengan benar. Tetapi untuk S2 soal no 1 maupun no 2 dia tidak bisa memahami soal tersebut sehingga mengalami kesalahan pada tahap selanjutnya sampai tidak menemukan jawaban akhir dengan benar. (3) Jenis kesalahan Field Dependent pada S3 pada pengerjaan soal no 1 dia memahami soal yang diberikan mereka juga menuliskan informasi apa yang diketahui meskipun tidak lengkap tetapi pada tahap transformasi dia mengalami kesalahan sehingga pada tahap berikutnya juga mengalami dan tidak dapat menemukan jawaban akhir dengan benar. untuk soal no 2 S3 ini melakukan kesalahan dari memahami soal yang diberikan sehingga pada tahap selanjutnya juga mengalami kesalahan dan tidak dapat menemukan jawaban akhir dengan benar juga. Selanjutnya untuk S4 dalam mengerjakan soal no 1 dia bisa memahami soal yang diberikan dia juga mampu melakukan transformasi menggunakan rumus mana yang tepat tetapi pada proses perhitungan yang terakhir dia melakukan kesalahan yang menyebabkan tidak bisa menemukan jawaban akhir dengan benar. sedangkan pada soal no 2 S4 mengalami kesalahan dalam memahami soal sehingga menyebabkan pada proses selanjutnya S4 juga mengalami kesalahan. (4) Secara umum siswa bergaya kognitif Field Independent dan Field Dependent jenis kesalahannnya sama tetapi beda soal beda jenis kesalahan dari kedua kelompok tersebut. Siswa F1 banyak melakukan kesalahan dalam memahami soal cerita yang agak panjang sedangkan pada siswa FD banyak melakukan kesalahan dalam memahami soal cerita yang pendek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110975

Actions (login required)

View Item View Item