Koneksi matematis siswa SMP pada materi bangun ruang ditinjau dari gaya belajar reflektif dan pragmatis / Dina Maulida - Repositori Universitas Negeri Malang

Koneksi matematis siswa SMP pada materi bangun ruang ditinjau dari gaya belajar reflektif dan pragmatis / Dina Maulida

Maulida, Dina (2019) Koneksi matematis siswa SMP pada materi bangun ruang ditinjau dari gaya belajar reflektif dan pragmatis / Dina Maulida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Maulida Dina. 2019. Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Gaya Belajar Reflektif dan Pragmatis. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sisworo M.Si (II) Dr. Sukoriyanto M.Si. Kata kunci koneksi gaya belajar reflektif dan pragmatis Pendeskripsian koneksi matematis siswa yang ditinjau dari gaya belajar reflektif dan pragmatis merupakan tujuan dari penelitian ini. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Ma Arif 01 Singosari. Peneliti memberikan angket gaya belajar LSQ dari Honey-Mumford untuk mengelompokkan siswa ke dalam gaya belajar reflektif dan pragmatis kemudian selanjutnya siswa diberikan tes koneksi matematis berkaitan dengan materi tabung dan bola. Siswa diminta mengerjakan tes secara individu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif-naratif. Berdasarkan hasil pekerjaan siswa pada lembar angket gaya belajar terdapat dua puluh sembilan siswa bergaya belajar reflektif tujuh siswa bergaya belajar reflektif-pragmatis dan dua siswa bergaya belajar pragmatis. Kemudian dari hasil lembar jawaban tes koneksi matematis maka dipilih dua siswa yang bergaya belajar reflektif dan satu orang bergaya belajar pragmatis dengan menggunakan metode purposive sampling. Siswa-siswa yang dipilih adalah siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis yang tinggi. Kemudian siswa pada masing-masing kelompok gaya belajar tersebut diwawancarai untuk melihat struktur koneksi matematisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koneksi matematis siswa yang dimiliki oleh setiap siswa berbeda-beda. Subjek dengan kelompok gaya reflektif memiliki perbedaan kemampuan koneksi matematis salah satu subjek dapat memenuhi semua indikator dan subjek lainnya hanya memenuhi beberapa indikator kemampuan koneksi matematis. Struktur koneksi matematis siswa reflektif sebagai berikut (1) struktur koneksi matematis cenderung terstruktur dan sistematis (2) pada tahap memproses masalah siswa reflektif lebih berhati-hati menganalisis dan menyimpulkan karena karakteristik siswa reflektif yang sangat teliti dalam menyelesaikan masalah (3) siswa reflektif menerapkan pengetahuan dengan sangat baik dalam melihat representasi bangun ruang dan mampu memaparkan secara lugas dan tepat . Koneksi matematis siswa pragmatis sebagai berikut (1) struktur koneksi matematis yang cenderung tidak lengkap dan cenderung tidak konsisten. (2) pada tahap memproses masalah siswa tersebut cenderung menuliskan informasi numerik soal dengan menggunakan simbol-simbol. (3) siswa pragmatis cenderung menggunakan langkah prosedural. (4) cenderung lebih baik. dalam mengaplikasikan ide matematis ke dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110973

Actions (login required)

View Item View Item