Profil koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual tentang luas prima ditinjau dari taksonomi SOLO / Abidah Yanuar Rohmatin

Rohmatin, Abidah Yanuar (2019) Profil koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual tentang luas prima ditinjau dari taksonomi SOLO / Abidah Yanuar Rohmatin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Rohmatin, Abidah Yanuar. 2019. Profil Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Tentang Luas Prisma Ditinjau dari Taksonomi SOLO. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Dwiyana, M.Pd, Ph.D., (2) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc. Kata Kunci: Koneksi Matematis, Masalah Kontekstual, Luas Prisma, Taksonomi SOLO Satu dari lima standar proses National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) dalam proses pembelajaran adalah koneksi matematis. Koneksi matematis menurut NCTM secara umum adalah kemampuan dalam membuat hubungan antara topik matematika, hubungan antara matematika dengan bidang keilmuan lain, dan hubungan matematika dengan dunia nyata. Proses belajar siswa di kelas dapat dioptimalkan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih memahami dan mengembangkan kemampuan koneksi matematis yang dimilikinya. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa yaitu dengan memberikan siswa masalah-masalah kontekstual. Pembelajaran dengan menggunakan masalah-masalah kontekstual dan pembelajaran yang menyenangkan sejalan dengan prinsip bahwa pembelajaran harus bermakna (meaningful learning). Keragaman respon kognitif siswa terhadap masalah kontekstual dapat diklasifikasikan berdasarkan taksonomi SOLO (Structure of the Observed Learning Outcome). Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil koneksi matematis siswa pada level taksonomi SOLO dalam menyelesaikan masalah kontekstual tentang luas permukaan prisma. Penelitian dilakukan di kelas VIII E MTs Negeri 1 Malang. Subjek penelitian yaitu 5 siswa yang mewakili setiap level taksonomi SOLO (unistructural, multistructural, relational, dan extended abstract) dan mewakili kategori kelompok siswa atas, tengah, dan bawah berdasarkan pengelompokan guru. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes koneksi matematis dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah profil koneksi matematis siswa pada masing-masing level taksonomi SOLO yang berbeda memiliki koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual tentang luas permukaan prisma yang berbeda pula. Profil koneksi matematis siswa pada level unistructural sudah mampu membuat koneksi sederhana dan sudah mampu menangkap satu struktur masalah. Namun siswa pada level unistructural masih kesulitan dalam menggunakan strategi penyelesaian masalah. Profil koneksi matematis siswa pada level multistructural sudah mampu membuat koneksi sederhana dan sudah mampu menangkap lebih dari satu struktur masalah. Namun siswa pada level multistructural kurang dapat menghubungkan informasi-informasi yang telah diperolehnya. Profil koneksi matematis siswa pada level relational sudah mampu membuat koneksi sederhana. Siswa juga mampu menangkap beberapa struktur masalah dan mengintegrasikan semua struktur masalah yang koheren. Profil koneksi matematis siswa pada level extended abstract sudah mampu membuat koneksi yang kompleks. Siswa juga vii mampu menangkap semua struktur masalah dan menghubungkan semua struktur masalah serta menggunakan prinsip umum yang tidak terdapat pada soal. Siswa pada level extended abstract dapat menghubungkan informasi-informasi yang telah diperoleh serta dapat membuat kesimpulan secara umum dari masalah yang diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110971

Actions (login required)

View Item View Item