Pengembangan perangkat pembelajaran himpunan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah berbasis budaya Toraja / Buah Guna Dharmalko Tumangke - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran himpunan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah berbasis budaya Toraja / Buah Guna Dharmalko Tumangke

Tumangke, Buah Guna Dharmalko (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran himpunan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah berbasis budaya Toraja / Buah Guna Dharmalko Tumangke. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Buah Guna Dharmalko Tumangke 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Himpunan yang Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Budaya Toraja. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Matematika Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. (II) Dr. H. Makbul Muksar M.Si. Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pemecahan Masalah Relating Experiencing Applying Cooperating dan Transferring. Pembelajaran matematika merupakan kegiatan belajar yang bertujuan untuk membelajarkan siswa mengenai matematika. Untuk menunjang proses pembelajaran guru membutuhkan perangkat pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran. Mengembangkan perangkat pembelajaran dapat disesuaikan dengan kondisi sehari-hari lingkungan sosial budaya dan karakteristis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran himpunan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah berbasis budaya Toraja Pembelajaran kontekstual strategi relating experiencing applying cooperating dan transferring (REACT) dipilih karena memuat kegiatan-kegiatan yang mengarahkan siswa mengalami menemukan memahami mengaplikasikan konsep dan bekerja sama. Pada setiap kegiatan REACT berisi kegiatan siswa melakukan proses pemecahan masalah. Proses Pemecahan masalah meliputi memahami masalah menyusun rencana penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali solusi yang telah diperoleh. Pemecahan masalah dirancang untuk mengajar siswa yang kesulitan memahami menganalisis memecahkan dan mengevaluasi masalah himpunan dengan mengembangkan proses dan strategi untuk pemecahan masalah. Plomp dipilih sebagai model pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap yaitu penelitian awal pembuatan prototipe dan penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis Budaya Toraja yang mendukung kemampuan pemecahan masalah siswa. Perangkat pembelajaran disusun dengan kriteria (1) valid (2) praktis dan (3) efektif. Kevalidan produk dinilai berdasarkan hasil validasi sedangkan kepraktisan dan keefektifan produk dinilai dari hasil uji coba. Hasil validasi dari dua validator menunjukkan bahwa perangkat dan instrumen memenuhi kriteria valid. Berdasarkan uji coba lapangan pada 31 siswa kelas VII 3 SMPN 1 Tikala aktivitas guru masuk kategori baik sehingga perangkat pembelajran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi tiga indikator efektifitas yaitu aktivitas siswa masuk kategori baik ketuntasan klasikal tercapai dan respon siswa positif. Dalam hal ini perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif. Penerapan perangkat pembelajaran kontekstual REACT dengan proses pemecahan masalah disetiap tahapannya memberikan dampak pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110966

Actions (login required)

View Item View Item