Maharani, Indah Puspitasari (2019) Diagnosis kesalahan siswa SMA dalam menyederhanakan pecahan bentuk aljabar beserta scaffolding-nya / Indah Puspitasari Maharani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maharani I P. 2019. Diagnosis Kesalahan Siswa SMA Dalam Menyederhanakan Pecahan Bentuk Aljabar Beserta Scaffolding-Nya. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sisworo M.Si dan Pembimbing (II) Dr. Hendro Permadi M.Si. Kata Kunci Diagnosis Kesalahan Pecahan Bentuk Aljabar Scaffolding Berbicara tentang peran matematika tidak mungkin lepas dari definisi yang luas jika dilihat dari peran maupun struktur matematika itu sendiri. Dari penggunaan matematika dibidang akademik struktur matematika yang abstrak dapat menjadi tantangan tersendiri bagi pelajar khususnya siswa SMA yang dituntut agar mampu dan lancar dalam menggunakan simbol-simbol matematika. Aljabar merupakan salahsatu ilmu matematika yang banyak menggunakan manipulasi simbol-simbol dan huruf. Namun pada kenyataanya masih banyak siswa SMA yang belum lancar dalam penggunaan manipulasi simbol-simbol dalam aljabar terutama pada pecahan bentuk aljabar. Ketidaklancaran penggunaan simbol-simbol dalam aljabar ini dapat diidentifikasi dari kesalahan yang dilakukan oleh siswa baik secara konseptual maupun prosedural. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa SMA dalam menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan upaya pemberian bantuan berupa scaffolding kepada siswa. Adapun tujuh indikator kesalahan yang didiagnosis disini adalah (1) kesalahan dalam penggunaan urutan operasi pecahan bentuk aljabar (2) kesalahan dalam menyamakan penyebut (3) kesalahan dalam pembagian aljabar (4) kesalahan dalam perkalian aljabar (4) kesalahan dalam penjumlahan aljabar (5) kesalahan dalam pengurangan aljabar (6) kesalahan dalam pemfaktoran aljabar dan (7) kesalahan dalam penyederhanaan pecahan bentuk aljabar. Penelitian ini dilakukan di SMA Lab UM pada kelas XI IPS I yang berjumlah 28 siswa dan dari 28 siswa tersebut peneliti kemudian mengambil sampel sebanyak 6 orang siswa sebagai subjek penelitian yang dikategorikan 2 subjek dengan kategori rendah 2 subjek kategori sedang dan 2 subjek kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti kesalahan yang dilakukan oleh subjek penelitian diberikan scaffolding pada masing-masing kesalahan yaitu (1) kesalahan dalam urutan operasi bentuk scaffolding yang diberikan yaitu restructuring (2) kesalahan dalam menyamakan penyebut diberikan scaffolding explaining reviewing restructuring dan developing conceptual thinking (3) kesalahan dalam melakukan pembagian aljabar yaitu restructuring dan developing conceptual thinking (4) kesalahan dalam perkalian aljabar yaitu scaffolding explaining reviewing restructuring dan developing conceptual thinking (5) kesalahan dalam penjumlahan aljabar yaitu scaffolding explaining reviewing dan restructuring (6) kesalahan dalam pengurangan aljabar yaitu explaining dan reviewing (7) Kesalahan dalam pemfaktoran aljabar yaitu scaffolding explaining reviewing restructuring dan developing conceptual thinking dan (8) Kesalahan dalam penyederhanaan pecahan aljabar yaitu scaffolding explaining reviewing dan restructuring. Dari scaffolding yang diberikan selama penelitian ini ditemukan beberapa hal antara lain yaitu (1) kesalahan yang dilakukan oleh subjek penelitian dikarenakan tidak mampu menguasai materi baik secara prosedural maupun konseptual (2) kesalahan yang dilakukan subjek ditandai dengan generalisasi tanpa memperhatikan alasan dibalik apa yang ditulisnya (3) kesalahan yang dilakukan subjek pada penyederhanaan ditemukan bahwa konsep pada pemfaktoran masih belum kuat sehingga kesalahan banyak terjadi (4)kesalahan yang dilakukan subjek karena ketidaktelitian juga menyebabkan kesalahan hasil penyederhanaan pecahan aljabar (5) Scaffolding berupa reviewing banyak diberikan kepada subjek karena mereka telah mempelajari materi pecahan bentuk aljabar sebelumnya namun masih belum lancar dalam menggunakannya dan (6) Scaffolding berupa developing conceptual thinking juga diberikan kepada subjek penelitian yang membutuhkan perhatian serius pada bagian-bagian konsep tertentu dalam hal ini pada penyamaan penyebut pembagian maupun pemfaktoran aljabar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110964 |
Actions (login required)
View Item |