Proses berpikir matematis mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif / Ika Rahayu Sintiya Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir matematis mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif / Ika Rahayu Sintiya Dewi

Dewi, Ika Rahayu Sintiya (2019) Proses berpikir matematis mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif / Ika Rahayu Sintiya Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Dewi Ika Rahayu Sintiya. 2019. Proses Berpikir Matematis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. (2) Dr. Hery Susanto M.Si Kata kunci Proses Berpikir Matematis Masalah Matematika Gaya Kognitif Pentingnya pemecahan masalah dalam matematika tidak berbanding lurus dengan fakta di lapangan. Beberapa penelitian mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika di Indonesia masih sangat rendah. Ketika diberikan soal pemecahan masalah sebagian besar mahasiswa tidak dapat menyelesaikannya dibanding soal rutin. Kemampuan berpikir matematis sangat penting untuk pemecahan masalah. Oleh karena itu untuk mengetahui proses berpikir dan kendala yang dihadapi mahasiswa saat menyelesaiakan masalah dapat dilihat dari proses berpikir matematisnya. Bervariasinya hasil pekerjaan mahasiswa dalam memecahkan masalah dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya gaya kognitif (field dependent/ independent). Gaya kognitif mempengaruhi cara seseorang merespon memproses menyimpan berpikir dan menggunakan informasi untuk merespon tugas atau suatu fenomena. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir matematis mahasiswa dalam memecahkan masalah yang ditinjau dari gaya kognitif field dependent/ independent. Proses berpikir matematis dilihat berdasarkan kerangka berpikir Mason yang terdiri dari fase entry fase attack dan fase review. Hal penting lainnya dalam proses berpikir matematis yaitu generalizing specializing conjecturing dan convincing. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester 2 jurusan Matematika Universitas Negeri Malang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber utama dari peneliti dan sumber pendukung berupa tes dan wawancara. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes GEFTdan TPM. Tes GEFT dilakukan untuk mengidentifikasi gaya kognitif calon subjek. TPM dilaksanakan untuk mengetahui proses berpikir matematis mahasiswa dalam memecahkan masalah. Tes GEFT diikuti oleh 60 calon subjek dan dipilih masing-masing 2 subjek field dependent (SFD) dan field independent(SFI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SFD menyebutkan semua informasi penting saat fase entry tetapi mengabaikan beberapa informasi tersebut saat fase attack. Pada fase attack SFD beberapa kali stuck dalam aspek maybe dan tidak dapat mengatasinya sehingga tidak mendapat kesimpulan yang tepat. Pada fase review SFD hanya sekedar mengecek dan tidak menyadari kesalahan yang terjadi sedangkan kesalahan yang disadarinya tidak dapat diatasi. Selain itu SFD juga melakukan generalizing conjecturing dan convincing. Sedangkan SFI pada fase entry memahami masalah secara keseluruhan dan menyerap informasi serta menganalisa dan mengolahnya sehingga dapat digunakan dengan tepat untuk melaksanakan conjecturing dan menemukan rencana pemecahan masalah. Pada fase attack SFI melaksanakan beberapa kali conjecturing dan juga mengalami stuck tetapi dapat diatasi dengan baik. SFI juga mengabaikan aspek why. Pada fase review SFI melakukan memodifikasi konjektur dan metode penyelesaian. vi SFI juga melakukan specializing generalizing conjecturing dan convincing. Berdasarkan hasil penelitian Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai karakteristik FI dan FD dalam proses memecahkan masalah karena dalam penelitian ini tidak terlalu terlihat perbedaan subjek FI dan FD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110963

Actions (login required)

View Item View Item