Aba, Maria Martini (2019) Proses berpikir kreatif siswa SMP dalam pengajuan masalah matematika konsep geometri bangun datar / Maria Martini Aba. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Aba Maria Martini. 2019. Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pengajuan Masalah Matematika Konsep Geometri Bangun Datar. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hery Susanto M.Si. (2) Dr. Hendro Permadi M.Si. Kata kunci proses berpikir kreatif pengajuan masalah matematika geometri bangun datar Berpikir kreatif perlu ditingkatkan dalam belajar matematika dan perlu menjadi perhatian karena merupakan bagian keterampilan hidup yang diperlukan siswa dalam menghadapi perkembangan dan tuntutan global dan merupakan salah satu tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2013 untuk mewujudkan hasil belajar yang diharapkan serta merupakan salah satu tujuan dalam pengembangan kurikulum 2013 yakni menghasilkan individu yang kreatif. Namun kemampuan proses berpikir kreatif kurang dirangsang dalam proses pendidikan karena pembelajaran lebih berfokus pada kurikulum sebagai produk yang lebih mengutamakan hasil akhir daripada proses. Salah satu cara yang dapat mendorong siswa untuk mampu berpikir kreatif adalah dengan seringnya guru memberi tugas pengajuan masalah dalam pembelajaran matematika. Pengajuan masalah merupakan aspek kunci dalam berpikir kreatif matematik dan keterampilan kreatif dalam bidang lainnya bahkan lebih penting dari pemecahan masalah. Dengan pengajuan masalah matematika siswa diharapkan dapat menghasilkan ide-ide baru terkait konsep bangun datar dalam mengajukan masalah yang berkaitan dengan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari sekaligus mampu menyelesaikan masalah terkait konsep bangun datar yang dihasilkan oleh siswa sendiri dengan cara yang dipikirkan oleh siswa sendiri agar bisa dilihat seperti apa kemampuan proses berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam pengajuan masalah matematika terkait konsep bangun datar dengan menggunakan langkah-langkah proses berpikir kreatif model Wallas yang terdiri dari langkah persiapan inkubasi illuminasi dan verifikasi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Malang pada kelas VIIIG. Subjek penelitian ada 6 orang yang diambil dari 31 siswa kelas VIIIG. Kriteria pemilihan subjek adalah dengan mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan matematika tinggi sedang dan rendah yang dikelompokkan berdasarkan pertimbangan dengan guru matematika dan dengan memeriksa nilai ulangan siswa dengan kriteria kemampuan matematika tinggi sedang dan rendah. Setelah dikelompokkan kemudian diberikan tes pengajuan masalah yang kemudian hasilnya dikoreksi dengan kriteria kreativitas menurut Silver (1997) yakni kelancaran fleksibilitas dan kebaruan. Selanjutnya setiap kelompok diambil masing-masing 2 orang yang memenuhi minimal dua dari ketiga keriteria kreativitas. Yang selanjutnya 6 orang ini akan diwawancarai berdasarkan langkah-langkah proses berpikir kreatif model Wallas. Penelitian ini dimulai dengan menyusun instrumen soal tes pengajuan masalah dan pedoman wawancara berdasarkan tahapan proses berpikir kreatif model Wallas. Selanjutnya dilakukan validasi soal tes dan pedoman wawancara oleh satu validator yaitu dosen matematika Universitas Negeri Malang. Hasil validasi instrumen soal tes sebesar 87 5% dengan kriteria valid sedangkan hasil validasi pedoman wawancara sebesar 96 4% dengan kriteria sangat valid. Data penelitian berupa hasil tes pengajuan masalah matematika konsep bangun datar yang dikoreksi dengan menggunakan kriteria kreativitas dan data proses berpikir kreatif berdasarkan langkah Wallas yang diperoleh dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matemtika yang dimiliki oleh siswa mempengaruhi proses berpikir kreatifnya. Ditemukan persamaan dan perbedaan proses berpikir kreatif yakni Persamaan dari ketiga kelompok siswa kemampuan tinggi sedang dan rendah yakni pada langkah 1) persiapan sama-sama membaca SPM (soal pengajuan masalah) dalam hati mengamati petunjuk informasi dan instruksi pada SPM memahami dan mengetahui hal-hal yang diketahui dalam SPM dapat menyebutkan hal-hal yang diketahui pada SPM dengan benar. Adapun perbedaan dalam tahap ini yakni siswa dengan kemampuan tinggi dapat memahami dan mengetahui hal-hal yang diketahui dalam SPM hanya dengan sekali baca sedangkan siswa kemampuan sedang dan rendah memahaminya dengan membaca lebih dari sekali. 2) Inkubasi baik siswa kemampuan tinggi sedang maupun rendah sama-sama diam sesaat setelah membaca SPM untuk berpikir. Perbedaannya adalah pada siswa kemampuan tinggi dalam tahapan ini saat diam dan berpikir mengenai maksud dari SPM siswa masih menyusun rencana pengajuan masalahnya dan tidak langsung menulisnya. Sedangkan siswa dengan kemampuan sedang dan rendah setelah memikirkan maksud dari instruksi SPM mereka langsung menulis dan berpikirnya itu disaat menulis sehingga apa yang mereka tulis dan pikirkan hanya sebatas apa yang diketahui dari informasi pada SPM. 3) Iluminasi persamaan dari ketiga kelompok siswa ini adalah menentukan atribut dan hal-hal lain yang tidak diketahui dalam SPM untuk masalah matematika yang diajukan dengan lancar dan benar kemudian menulisnya dalam lembar jawaban kerja (LJK). Perbedaannya adalah siswa kemampuan tinggi menambahkan simbol-simbol atau hal-hal lain untuk masalah matematika yang diajukan untuk menghasil masalah baru lainnya. 4) Verifikasi ketiga kelompok siswa ini sama-sama menjelaskan prosedur penyelesaian masalah matematika yang diajukan baik itu melalui rincian penyelesaian dalam LJK maupun saat menjelaskan pada saat wawancara menyelesaikan masalah matematika yang telah diajukan pada LJK mengoreksi kembali masalah dan penyelesaian yang telah dilakukan. Perbedaannya adalah siswa dengan kemampuan tinggi menyelesaikan masalah dengan rincian penyelesaiannya jelas berurutan sedangkan siswa dengan kemampuan sedang dan rendah malas merincinya langsung ditulis dengan kata-kata singkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110962 |
Actions (login required)
View Item |