Penalaran geometri siswa kelas VIII SMP dalam memecahkan masalah bangun datar / Meilinda Trifatmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penalaran geometri siswa kelas VIII SMP dalam memecahkan masalah bangun datar / Meilinda Trifatmasari

Trifatmasari, Meilinda (2019) Penalaran geometri siswa kelas VIII SMP dalam memecahkan masalah bangun datar / Meilinda Trifatmasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Trifatmasari Meilinda. 2019. Penalaran Geometri Siswa Kelas VIII SMP dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar. Tesis Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. (2) Dr. Hendro Permadi M.Si. Kata Kunci Penalaran Geometri Memecahkan Masalah Bangun Datar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran geometri siswa kelas VIII SMP dalam memecahkan masalah bangun datar. Penelitian dilakukan di kelas VIII-E SMP Brawijaya Smart School Malang. Subjek penelitian yaitu 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa kemampuan matematika tinggi dan 2 siswa kemampuan matematika rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan matematika soal tes penalaran geometri dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah penalaran geometri pada subjek kemampuan matematika tinggi melakukan penalaran geometri pada materi bangun datar dengan baik kedua subjek memenuhi semua indikator penalaran geometri yaitu pada level 0 visualisasi (visualization) subjek mampu mengidentifikasi bangun geometri berdasarkan tampilan atau bentuk yang dilihatnya secara utuh. Pada level 1 analisis (analysis) subjek mampu mendeskripsikan suatu bangun geometri berdasarkan sifat sifatnya tapi belum dapat melihat hubungan antara beberapa bangun geometri. Pada level 2 deduksi informal (informal deduction) subjek mampu menyusun definisi suatu bangun berdasarkan sifat sifat antar bangun geometri dan dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan sifat sifat bangun yang sudah dikenali. Penalaran geometri pada subjek kemampuan matematika rendah belum melakukan penalaran geometri terhadap materi bangun datar dengan baik karena dalam menyelesaikan masalah subjek mengalami kesulitan dalam memahami soal tes penalaran geometri yang diberikan dan kurangnya pemahaman terhadap konsep materi bangun datar. Adapun saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah pendidik perlu menerapkan suatu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran geometri siswa dengan pengaturan kelompok dan membuat tugas untuk diselesaikan oleh siswa bersama dengan kelompoknya. Pendidik perlu memberikan pengetahuan khusus berkemampuan matematika rendah terkait penalaran geometri dalam kehidupan sehari hari dengan pemberian tugas tugas di rumah. Pada penelitian sejenis selanjutnya sebaiknya fokus pada jenis jenis pemberian scaffolding untuk pemecahan masalah bangun datar bagi siswa berkemampuan matematika rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110961

Actions (login required)

View Item View Item