Purba, Elvira Magdalena (2019) Pemberian scaffolding berdasarkan gaya kognitif untuk memperbaiki berpikir kreatif siswa pada konsep statistika / Elvira Magdalena Purba. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iii RANGKUMAN Purba Elvira. M. 2019. Pemberian Scaffolding Berdasarkan Gaya Kognitif Untuk Memperbaiki Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Statistika. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof Toto Nusantara M.Si (II) Dr. Hendro Permadi M.Si. Kata kunci Scaffolding Gaya Kognitif Berpikir Kreatif . Gaya kognitif adalah cara seseorang dalam memproses menyimpan maupun menggunakan informasi untuk menanggapi suatu tugas atau menanggapi berbagai jenis situasi lingkunganya. Terdapat dua jenis gaya konitif yaitu field dependen (FD) dan field independen (FI). Individu FI bersifat analitik sedangkan individu FD bersifat social. Setiap individu memiliki kemampuan berpikir kreatif siswa yang berbeda-beda. Terdapat tiga Indikator berpikir kreatif yaitu kelancaran keluwesan dan keterbaruan. setiap siswa memiliki kesulitan dalam berpikir kreatif dan salah satu solusi untuk membantu siswa untuk memperbaiki berpikir kreatif adalah dengan memberikan Scaffolding. pemberian scaffolding yang baik adalah dsesuai dengan kebutuhan siswa dan gaya kognitif siwa. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberian scaffolding berdasarkan gaya kognitif siswa Kelas X IPA 1 SMAK Santa Maria 2 di Kota Bandung untuk memperbaiki berpikir kreatif siswa. scaffolding yang dipaparkan menurut anghileri pada level 2. Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan tingkat berpikir kreatif siswa dan gaya kognitif dengan banyaknya subjek pada penelitian ini terdiri dari 8 siswa kelas X IPA 1 SMAK Santa Maria 2 Kota Bandung. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes berpikir kreatif lembar tes GEFT petunjuk umum wawancara lembar validasi dan alat rekam. Oleh karena itu data yang diperoleh berupa Lembar kerja tes berpikir kreatif 1 dan 2 lembar tes GEFT data hasil wawancara dengan subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kognitif dapat menjadi acuan memberikan scaffolding. walaupun berada pada tingkat berpikir kreatif yang sama namun pemberian scaffoldingnya berbeda. Kesulitan siswa FD dalam berpikir kreatif adalah (1) memahami maksud soal (2) tidak mampu memberikan satu solusi dengan benar. Kesulitan siswa FI dalam berpikir kreatif adalah (1) memahami maksud soal (2) solusi yang diberikan kurang beragam. Scaffolding yang diberikan kepada siswa FD adalah explaining restructure dan reviewing. Sedangkan untuk siswa FI scaffolding yang diberikan adalah reviewing dan restructuring.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110960 |
Actions (login required)
View Item |